Agar Ikan Tak Kehilangan Kesegarannya

Kompas.com - 28/09/2011, 18:23 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Seringkali kita sangat bernafsu untuk memasak, dan terlanjur membeli bahan-bahan makanan, namun tak sempat mengolahnya. Padahal, tak mudah untuk menyimpan aneka bahan makanan segar, terutama ikan, agar tetap awet.

"Sebaiknya ikan memang tidak disimpan, tapi langsung diolah. Tapi kalau memang terpaksa harus disimpan, simpan dengan cara yang tepat," ungkap Margie Gunawan, chef  yang juga sekretaris Indonesian Chef Assosiation (ICA), saat acara ASEAN Culinary Festival di La Piazza, Kelapa Gading, beberapa waktu lalu.

Agar ikan bisa disimpan, letakkan dalam sebuah wadah kedap udara atau dibungkus dengan bungkus plastik. Ikan harus disimpan dalam wadah kedap udara, agar sari dari ikan tidak hilang dan mengurangi kenikmatannya. Selain itu juga agar nilai gizi dari ikan tidak berkurang. Kemudian, simpan ikan di dalam freezer.

"Jangan terlalu lama menyimpan ikan. Saya sarankan hanya 1-2 hari saja," tukas Margie.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X