Penyakit Jantung, Sesuatu yang Bisa Dihindari

Kompas.com - 03/10/2011, 13:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Penyakit jantung sering dianggap sebagai penyakit orang berumur. Tetapi, orang muda tidak boleh mengabaikannya karena penyakit ini terjadi akibat penyempitan pembuluh darah yang terjadi selama puluhan tahun akibat gaya hidup modern.

Kebanyakan penyakit jantung terjadi akibat penyempitan pembuluh darah koroner. Lantas, apa yang menyebabkan arteri ini menyempit? "Penyebabnya yang utama adalah gaya hidup kita," kata Prof.Budhi Setianto, Sp.JP, dari RS.Jantung Harapan Kita, di sela acara press conference Cintai HIdup Cintai Jantung yang digelar Quaker Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sejatinya, banyak yang bisa kita perbuat untuk memperlambat bahkan mencegah penyakit jantung koroner dengan pola hidup sehat. Salah satunya melalui pola makan.

"Pola makan menjadi salah satu kunci utama menjaga kadar kolesterol agar jantung tetap sehat. Salah satunya adalah mengonsumsi secara rutin bahan pangan kaya serat, terutama serat larut untuk menurunkan kolesterol," kata Budhi.

Mari kita simak beberapa kiat dari para ahli untuk menjaga jantung tetap sehat dan dapat bekerja optimal.

1. Berhenti merokok

Mungkin ini adalah langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung. Para perokok yang sudah setahun berhenti merokok, risikonya berkurang hingga setengahnya untuk terkena serangan jantung. Setelah 15 tahun berhenti merokok, risiko Anda untuk mati karena penyakit jantung sama seperti orang-orang yang tidak pernah merokok. Selain itu, berusahalah agar tidak menjadi perokok pasif.

2. Olahraga teratur

Ada banyak alasan mengapa olahraga menyehatkan jantung. Pertama, olahraga rutin akan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Anda juga bisa memperoleh berat badan yang ideal dari kegiatan ini. Berolahragalah minimal 30 menit setiap hari.

3. Kurangi kolesterol Jika pola makan Anda dipenuhi oleh makanan-makanan yang kaya lemak dan kaya kolesterol, maka hasil tes kolesterol darah total Anda mungkin sekali di atas normal. Upayakan agar kolesterol Anda di bawah 200 mg/dl. Dr.Pauline Endang Praptini, Sp.GK, mengatakan konsumsi 70 gram serat larut seperti oatmeal secara rutin terbukti menurunkan kadar kolesterol.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X