Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Mual-Muntah yang Tak Normal

Kompas.com - 04/10/2011, 16:46 WIB

KOMPAS.com — Mual dan muntah memang merupakan kondisi umum pada ibu hamil. Namun, biasanya hal ini akan berlangsung pada trimester pertama dan terjadi pada pagi hari (morning sickness). Mual-muntah menjadi tak wajar lagi apabila kondisi ini terus dialami sepanjang kehamilan, bahkan sesudah melewati trimester pertama.

"Jika mual dan muntah ini dialami sepanjang hari dan sering, maka kondisi ini akan menjadi lebih serius. Ibu hamil dikhawatirkan mengalami hiperemesis gravidarum," ungkap dr Prima Progestian, SpOG, ahli kandungan dan kebidanan, saat talkshow "Jangan Biarkan Rasa Mual Menghalangi Asupan Nutrisi untuk Kehamilan Sehat", yang diadakan Anmum Materna di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (2/10/2011).

Hiperemesis gravidarum (HG) merupakan suatu kondisi kehamilan ketika mual dan muntah yang dialami sangat tak wajar atau berlebihan. Sering kali, apa pun yang dikonsumsi ibu hamil akan dimuntahkan kembali sehingga tak mampu menerima makanan apa pun ke dalam tubuhnya.

"Namun dari 100 persen kehamilan, penderita HG ini antara 0,5-3 persen saja," tambah dr Prima.

Jika tak ditangani dengan serius, HG akan mengganggu aktivitas sehari-hari, menimbulkan rasa tidak nyaman dan lemas, serta pada kondisi yang serius dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Jika keadaan ini terjadi, sebaiknya Anda dirawat secara intensif di rumah sakit.

Menurut dr Prima, tanda-tanda mual muntah yang menjurus ke HG bisa dilihat sebagai berikut:

1. Berat badan ibu hamil menurun 2,5-5 kg atau lebih selama trimester pertama.
2. Tidak dapat menelan makanan atau minuman selama 24 jam. "Dalam artian, makan lalu muntah sehingga tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh," urai dr Prima.
3. Urine yang dikeluarkan ibu hamil memiliki warna kuning pekat. Kondisi ini juga bisa terjadi jika si ibu tidak buang air kecil selama 6 jam terakhir.
4. Frekuensi muntah terjadi sangat sering, bahkan bisa setiap jam atau lebih dalam sehari.
5. Merasakan mual yang sangat hebat sehingga sering muntah, terutama saat makan.

Baca juga:
Mual-Muntah yang Tak Wajar Saat Hamil
Ibu Hamil Tak Perlu Minum Susu Khusus Hamil
Minum Susu Kok Mual?
4 Alasan Anda Perlu Minum Susu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com