Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Berbisnis Restoran ala Revalina S. Temat

Kompas.com - 04/10/2011, 19:12 WIB

KOMPAS.com - Sukses menjadi seorang aktris ternyata tak membuat Revalina S. Temat lantas ongkang-ongkang kaki saja. Ia menyadari bahwa dunia hiburan tak selamanya menjanjikan. "Akhirnya aku memutuskan untuk memulai sebuah usaha restoran di daerah Bintaro sektor 7," tukasnya saat ditemui di acara kampanye "Shine with Charm" di STIE Perbanas, Jakarta Selatan, Selasa (4/10/2011).

Meski restoran ini masih merupakan pengalaman pertamanya dalam berbisnis, Revalina mengaku tak takut untuk memulainya. "Ketika kita tidak mengerti harus mulai dari mana, sebaiknya kita berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman dalam bisnis dan pastinya kita percaya," tukas dara yang akrab disapa Reva ini.

Sebagai pemain baru dalam dunia bisnis, Reva lebih memilih untuk memulai bisnisnya dengan menjadi franchisee restoran Takigawa yang menyajikan aneka hidangan Jepang. Menurutnya, untuk menjalankan bisnis sebaiknya kita memilih bidang yang memang kita sukai. Dengan menyukai bidang tersebut, kita jadi memiliki passion dalam bisnis tersebut.

Selain itu, kuliner merupakan bisnis yang disukai semua orang. Hal ini menjadi salah satu pertimbangannya ketika memilih bisnis makanan. "Semua orang butuh makanan, dan variasi makanan itu banyak sekali. Jadi dengan dasar ini aku akhirnya memutuskan buka restoran," bebernya.

Setelah menjalankan bisnisnya yang baru ini, Reva mengaku jadi terdorong untuk membuka usaha-usaha yang lain. Namun niatnya ini tentu harus ditunda terlebih dulu agar ia bisa fokus mengembangkan restorannya ini. Untuk membuktikan bahwa ia tak main-main dengan segala operasionalnya, Reva selalu mendatangi restoran untuk mengetahui situasinya.

"Ramai atau nggak. Dan yang penting juga untuk tahu kepuasan konsumen. Alhamdullilah, sampai sekarang ramai terus," tambahnya.

Untuk memulai berwirausaha, Reva membagi beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan.

1. Pilih usaha yang benar-benar kita sukai dan berprospek bagus.
2. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.
3. Jika memutuskan untuk membuka usaha franchise, pilihlah usaha yang sudah punya nama besar, dan banyak diminati konsumen.
4. Sesibuk apapun, sempatkan waktu untuk terjun langsung dalam managemennya.
5. Fokus dulu pada usaha yang dijalani, jangan terburu-buru membuka usaha baru.
6. Pilih lokasi yang strategis.
7. Harus siap dengan untung-rugi ketika berbisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com