Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Tak Punya Agenda Pemberantasan Korupsi

Kompas.com - 19/10/2011, 22:28 WIB
Khaerudin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesian Corruption Watch (ICW) Abdullah Dahlan mengatakan, tidak dicopotnya Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar jelas menunjukkan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono benar-benar tak punya komitmen terhadap pemberantasan korupsi.

Padahal, kata Abdullah, pemberantasan korupsi adalah janji politik Yudhoyono saat kampanye pemilihan presiden. "Setidaknya dengan tidak mencopot Andi dan Muhaimin, Presiden dengan kongkret telah menunjukkan bahwa tidak ada agenda pemberantasan korupsi dalam tiga tahun sisa masa pemerintahannya," ujar Abdullah, Rabu (19/11/2011) di Jakarta.

Menurut Abdullah, Presiden cenderung berkompromi dengan partai politik. "Semestinya, jika Presiden punya agenda kongkret dalam pemberantasan korupsi, hal pertama yang dilakukan ketika merombak kabinet adalah mencopot menteri-menterinya yang tak becus mengurus kementerian, sehingga dengan mudah terjadi korupsi dengan nilai besar-besaran, seperti di Kemenpora dan Kemenakertrans," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com