Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Daging Kambing Empuk

Kompas.com - 20/10/2011, 16:44 WIB

KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang sering dihadapi ketika mengolah daging kambing adalah daging kambing yang sulit digigit atau dikunyah. "Pengolahan yang salah memang bisa membuat daging kambing menjadi alot," ungkap Chef Haryo Pramoe, saat acara "Berbagi Kehangatan Masakan Kambing Bango Jelang Perayaan Idul Adha"  di Rumah Maroko, Menteng,Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2011).

Namun Anda bisa melakukan berbagai trik untuk menghasilkan daging kambing yang empuk, antara lain:

Daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim yang bisa memecah protein daging. Agar empuk, bungkus daging kambing dengan daun pepaya yang sudah diremas sebentar. Kemudian biarkan selama 10 menit.

Nenas muda. Nenas juga memiliki senyawa enzim yang bisa memecah protein pada daging kambing, sehingga membuatnya menjadi empuk. "Namun, nenas muda ini harus dilembutkan dulu agar ekstraknya lebih keluar dan bisa melembutkan daging," tambah Chef Haryo.

Setelah nenas dilembutkan hingga menjadi seperti jus, lumurkan jus nenas ini ke kedua sisi daging. Namun, jangan membiarkan daging dalam lumuran nenas terlalu lama, maksimal 10 menit saja. Daging kambing yang terlalu lama didiamkan dengan lumuran nenas akan membuat dagingnya menjadi terlalu empuk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com