5 Makanan Super Penghasil Energi

Kompas.com - 21/10/2011, 11:44 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Menghabiskan waktu seharian bekerja di luar rumah memang sangat melelahkan dan menguras banyak pikiran serta tenaga. Mungkin sebagian di antara kita pernah berpikir untuk mencari cara bagaimana mendapatkan kembali energi yang sudah terkuras habis.Tidak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan kembali energi yang hilang selama seharian dengan beristirahat dan mengonsumsi makanan yang tepat dan bernutrisi.  Inilah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu mempercepat pemulihan stamina Anda:

1. Teh  ginseng

Teh ginseng sudah dikenal selama berabad-abad sebagai antioksidan terbaik dan obat segala penyakit. Di samping itu juga, ginseng merupakan stimulan yang dapat memberikan peningkatan energi dan konsentrasi. Kehangatan teh ginseng akan memberikan efek menenangkan pada saraf Anda, sekaligus memberi energi tambahan untuk Anda melakukan "tugas malam".

2. Pisang

Pisang mengandung tiga jenis gula alami yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Pisang merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan energi seketika. Pisang juga mengandung serat, yang akan membantu mempertahankan kadar glukosa dalam darah Anda, sehingga memberikan Anda sebuah sumber energi yang stabil selama jangka waktu yang lama.

3. Keju

Dalam sepotong keju terkandung kadar tinggi asam amino tiramin, yang dikenal karena kemampuannya untuk mendorong sekresi hormon stimulan dalam tubuh. Namun begitu, Anda juga harus tetap waspada dan jangan makan secara berlebihan. Pasalnya, unsur asam amino tiramin yang terkandung dalam keju diperkirakan mampu memicu munculnya sakit kepala. Unsur tersebut bisa mengurangi kadar serotonin dalam otak yang mengganggu aliran darah.

4. Stroberi

Manfaat buah merah ini sangat besar, karena rendah kalori. Dalam satu porsi stroberi (sekitar delapan buah stroberi berukuran sedang) mengandung serat yang sangat tinggi dan sumber terbaik dari vitamin C. Vitamin C pada stroberi berperan sebagai antioksidan yang membantu memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan imunitas, dan pelawan radikal bebas.

5. Wheatgrass (rumput gandum)  

Rumput gandum merupakan makanan yang kaya akan nutrisi. Bahkan, berisi 25 kali nutrisi lebih banyak ketimbang sayur-sayuran. Banyak orang mengonsumsi rumput gandum sebagai jus untuk meningkatkan kesehatan secara umum. Jus rumput gandum mengandung begitu banyak nutrisi bermanfaat seperti klorofil, mineral, dan vitamin A, B kompleks, C, E, dan K, protein dan 17 asam amino yang mudah diserap dalam darah manusia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X