Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusing Kalau Tidak Minum Kopi

Kompas.com - 02/11/2011, 14:53 WIB

T:
Dok, bagaimana caranya menghindari minum kopi? Saya minum kopi sachet satu gelas sehari setiap pagi. Kalau tidak minum kopi kepala terasa sakit. Masih normalkah minum kopi sachet sebungkus sehari, dan apa ada pengaruhnya untuk kulit juga? Terima kasih, Dok. (Cece, 29, ceceuazach@...)

J:
Dear Cece,
Kandungan kopi yang menjadi perhatian adalah kafein. Dalam tubuh, kafein memberikan efek stimulan seperti peningkatan frekuensi pernafasan, denyut jantung, tekanan darah, dan sekresi dari hormon stres. Jika sudah adiksi kafein dan dilakukan penghentian, seringkali menimbulkan rasa sakit kepala.

Pengaruh kopi terhadap kulit umumnya karena peningkatan hormon stres, kortisol, yang dapat menginduksi timbulnya jerawat. Efek lainnya terhadap kulit masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Dari beberapa penelitian dikatakan bahwa kopi masih aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, sekitar dua cangkir atau 10 ounces kopi per hari (sekitar 300 ml). Jadi bagi Cece minum kopi satu sachet/hari masih bisa dilakukan selama tidak menimbulkan gangguan kesehatan seperti jantung yang berdebar, darah tinggi, dan lain sebagainya.

Jika ingin berhenti minum kopi, ganti kopi biasa dengan kopi decaffeinated (tanpa kafein) dan lakukan secara bertahap. Atau, pilih minuman yang beraroma mocca. Selamat mencoba, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com