7 Cara Efektif Bakar Kalori

Kompas.com - 07/11/2011, 13:32 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Untuk setiap aktivitas fisik berikut, Kimberly Lummus, MS, RD selaku koordinator untuk Austin Dietetic Association di Austin, Texas, memberikan informasi tentang jumlah kalori yang terbakar. Aktivitas fisik ini dilakukan per 30 menit untuk berat badan rata-rata 68 kilogram.

1. Berkebun.
Aktivitas ini dapat membakar 153 kalori dengan frekuensi 3-4 kali seminggu. Mulai dari menyirami, mencabuti rumput, memunguti daun kering, menanam biji atau pohon, menyiangi semak hingga menggali tanah. Banyak rangkaian kegiatan yang bisa Anda lakukan sekaligus untuk membakar kalori lebih banyak. Namun, tak perlu waktu lama jika Anda baru mulai.

Sebaiknya, awali dengan lakukan peregangan. Pasalnya, selama berkebun, Anda akan melakukan banyak gerakan seperti jongkok, membungkuk, dan berdiri secara berulang. Peregangan bisa mencegah terjadinya cedera.

2. Bersepeda santai.
Aktivitas ini dapat membakar 220 kalori dengan kecepatan sedang 10 mph dan frekuensi dua kali seminggu. Bersepeda tak sekadar membakar kalori, namun juga menguatkan tulang, otot perut, dan punggung.

Baik sepeda statis atau di luar rumah, keduanya membakar kalori dalam jumlah sama. Namun, bersepeda di alam terbuka sembari menikmati suasana sekitar tentu lebih menyegarkan dan menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama teman, baik dalam komunitas ataupun sebagai peserta lomba fun bike misalnya.

3. Belanja.
Aktivitas ini membakar 121 kalori dengan frekuensi 1-2 kali sebulan. Dengan berjalan sambil mendorong kereta belanja selama satu jam, kalori dalam tubuh dapat terbakar hingga 250 kalori. Mulai dari memilah-milah barang, memutari rak-rak toko, hingga berdiri mengantre di kasir. Begitu pula, ketika Anda menjinjing barang belanjaan atau menyimpannya ke dalam rak dapur.

Gunakan sepatu yang nyaman ketika berbelanja, agar memudahkan Anda membawa belanjaan dan menjauhkan nyeri punggung.

4. Berlari.
Aktivitas ini membakar 374 kalori dengan frekuensi latihan setiap pagi. Kunci utama agar kalori terbakar lebih efektif adalah dengan rutin menjalankannya setiap hari. Selain membakar kalori, berlari juga memungkinkan seluruh tubuh untuk aktif bergerak, terutama otot kaki, bokong, dan punggung. Inilah yang membuat badan lebih ramping dan lentur. Agar dapat meraih hasil maksimal, ayunkan tangan Anda selama berlari.

Pilih sepatu yang nyaman saat berlari dan lindungi kaki dari gesekan dengan menggunakan kaos kaki. Lakukan peregangan sebelum berlari dan awali latihan dengan berjalan kaki 10-15 menit.

5. Berenang.
Aktivitas ini membakar 400 kalori dengan frekuensi sesering mungkin. Rutin berenang akan membangun kekuatan dan kelenturan otot sekaligus menguatkan jantung karena melancarkan peredaran darah dari dan menuju jantung. Lakukan pemanasan sebelum berenang. Secara psikologis, sentuhan fisik dengan air kala berenang juga dapat memberikan efek rileks dan segar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X