Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Hidup Berenergi Tanpa Kopi

Kompas.com - 07/11/2011, 14:04 WIB

KOMPAS.com — Meski kopi memang mengandung stimulan, tidak semua orang bisa tahan mengonsumsi minuman ini. Untuk Anda yang ingin mendapatkan semangat tetapi tak mau menderita dada berdebar atau perut mulas, simak tiga langkah alami untuk hidup penuh energi berikut ini.

1. Olahraga

Salah satu cara termudah untuk mengusir rasa malas adalah bergerak. Bahkan, peregangan singkat sudah cukup melancarkan peredaran darah, mengendurkan otot, dan membangunkan tubuh yang lelah. Bila Anda tidak menyukai olahraga luar ruang, lakukan yoga atau peregangan.

Selain meningkatkan mood, olahraga teratur setiap hari akan meningkatkan level energi sampai 20 persen. Bukan hanya itu, olahraga sambil terpapar matahari juga akan meningkatkan aktivitas otak dan kewaspadaan.

2. Makanan yang tepat

Saat sedang suntuk, biasanya kita akan memilih makanan yang bisa menimbulkan kepuasan seperti makanan yang bergula tinggi atau karbohidrat. Padahal, jika ingin bersemangat sepanjang hari, pilihlah makanan yang merupakan campuran karbohidrat kompleks, protein, dan serat. Di sela hari, konsumsi secangkir teh hijau hangat.

3. Cukup minum air

Terkadang mengusir rasa lelah semudah mengambil gelas dan mengisinya dengan air. Kelelahan dan konsentrasi yang memudar bisa jadi adalah gejala dehidrasi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com