Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dekat-dekat Orang yang Stres!

Kompas.com - 10/11/2011, 14:31 WIB

KOMPAS.com - Saat seorang teman di kantor mengalami flu, biasanya Anda akan menghindar. Tak mau berada di dekatnya, karena takut tertular. Hal yang sama sebaiknya Anda lakukan ketika Anda mengetahui ada teman yang sedang stres. Sebab penelitian terbaru dari University of Hawaii ini menyatakan, Anda juga bisa tertular stres dari teman di sekitar Anda!

Jika Anda duduk di sebelah orang yang stres di kantor, Anda berisiko mendapatkan stres pasif atau second-hand stress, yang dengan cepat akan menyebar ke seluruh kantor, demikian menurut Profesor Elaine Hatfield dari University of Hawaii.

"Orang tampaknya mampu meniru ekspresi postur, vokal, dan wajah orang lain dengan kecepatan yang menakjubkan," katanya. "Konsekuensinya, mereka mampu merasakan kehidupan emosional orang lain dalam tingkat yang mengejutkan."

Menurut penelitian ini, pada dasarnya orang itu bagaikan spons yang efektif, yang menyerap emosi yang dipancarkan oleh orang-orang di sekitar kita. Begitu kita menyerap stres orang lain, kita mulai berfokus pada hal-hal yang juga mengganggu kita. Profesor Hatfield juga mengatakan bahwa kita tidak hanya menyerap sikap negatif orang lain, tetapi juga tanpa sadar menunjukkan bahasa tubuh orang yang stres. Misalnya, dengan membungkukkan pundak atau mengerutkan wajah ketika berbicara dengan mereka.

Para perempuan harus lebih berhati-hati saat menghadapi orang yang stres ini.

"Perempuan lebih berisiko karena mereka cenderung lebih mampu masuk ke dalam perasaan orang lain," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com