Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Gambar "Spam" dalam Facebook

Kompas.com - 16/11/2011, 04:14 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Facebook menyatakan bahwa jaringan sosial tersebut telah mendapat serangan spam melalui penyebaran gambar yang muncul di pengumpan (feed) berita.

Facebook, yang memiliki lebih dari 800 juta anggota, menyatakan bahwa beberapa pengguna jaringan sosial secara tidak sadar telah tertipu oleh berbagi konten tersebut. "Baru-baru ini kami mengalami serangan spam terkoordinasi yang mengeksploitasi kerentanan browser," sebut Facebook melalui e-mail kepada AFP.

"Upaya kami adalah membatasi secara drastis kerusakan yang disebabkan oleh serangan ini. Kini kami sedang menjalani proses penyelidikan untuk mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab," kata Facebook.

Dalam pernyataan tersebut, Facebook menegaskan telah membangun suatu mekanisme untuk segera menutup, baik halaman yang berbahaya maupun akun rekening yang mencoba menggunakan spam tersebut.

Perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California, itu menegaskan bahwa perlindungan terhadap pengguna dari serangan spam dan konten berbahaya merupakan prioritas utama mereka. Facebook juga berjanji akan membatasi ruang gerak dan menghapus materi yang melanggar persyaratan yang mereka tetapkan.

Facebook tidak mengatakan berapa banyak anggotanya yang termakan spam. Hanya disebutkan, terdapat ratusan pengguna yang menyampaikan keluhan melalui Twitter atas gambar-gambar itu, yang dia antaranya tergolong pornografi dan kekerasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com