Sarapan Telur Bikin Tubuh Bugar

Kompas.com - 18/11/2011, 13:35 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Biasa sarapan apa Anda setiap pagi? Jawaban Anda mungkin akan beragam. Dari bubur ayam, roti, ketupat sayur, mi ayam, nasi goreng, sampai nasi padang pun mungkin ada. Ada juga orang yang hanya minum susu atau kopi untuk mengawali hari. Tetapi sumber makanan yang bisa membuat Anda tetap bugar sepanjang hari ternyata bukan kopi atau cokelat panas, melainkan sebutir telur.

Menurut para peneliti, kandungan protein pada telur lah yang membuat tubuh tetap siaga. Protein juga jauh lebih efektif daripada karbohidrat yang didapat dari biskuit, cokelat, dan permen, yang seringkali diandalkan untuk mendongkrak energi. Kandungan gizi protein memengaruhi sel-sel otak, dan peneliti dari Cambridge University mendapati bahwa campuran serupa kandungan protein pada putih telur mengaktifkan sel-sel ini, sehingga memicu pelepasan orexin -stimulan yang membantu membuat kita merasa berenergi.

"Yang menarik adalah ada cara yang rasional untuk membuat sel-sel otak ini menjadi lebih atau kurang aktif, yaitu dengan memutuskan makanan apa yang dimakan," ujar peneliti Dr Denin Burdakov.

Ketimbang makan roti dengan selai, Burdakov lebih menyarankan kita untuk makan roti dengan telur. Karena, meskipun keduanya mengandung jumlah kalori yang sama, menambahkan protein juga akan mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

Lebih lanjut, British Nutrition Foundation belum lama ini menyatakan bahwa tipe kolesterol yang ditemukan pada telur hanya memberi pengaruh minimal pada meningkatnya risiko serangan jantung.

Ingin melihat galeri foto Jakarta Fashion Week 2012? Klik di sini:
Koleksi Biyan Wanaatmadja
Koleksi Danar Hadi
Koleksi para selebriti di sesi Grazia Glitz & Glam
Koleksi desainer ASEAN Ashley Isham, Bernard Chandran, Tube Gallery
Koleksi Blaire by Angie Blaire

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.