Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Yaman Berjanji Serahkan Kekuasaan kepada Militer

Kompas.com - 20/11/2011, 10:01 WIB

SANAA, Kompas.com - Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh yang didemonstrasi mengatakan, dia akan menyerahkan negara itu pada militer jika dirinya mundur seperti yang diminta oleh oposisi.

"Kami ... siap membuat pengorbanan bagi negara ini. Tapi anda akan selalu berada di sana, meskipun kami mundur," kata Saleh pada tentara yang setia padanya, Sabtu (19/11/11), dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berira resmi Saba.

Kantor berita itu mengatakan, Saleh membuat pernyataan tersebut pada saat inspeksi terhadap Garda Republik, korps elite militer yang dipimpin oleh anak laki-lakinya, Ahmad.

Saleh, yang telah berkuasa di Sanaa sejak 1978, telah mendapat tekanan domestik dan internasioal yang meningkat untuk mundur sesuai dengan cetak biru perdamaian yang diperantarai Dewan Kerja Sama Teluk (GCC).

Saleh menyambut baik rencana Teluk itu tapi belum secara resmi mendukungnya. Penyataannya itu dibuat sebelum pertemuan Dewan Keamanan PBB yang akan berlangsung Senin untuk membicarakan penolakan Saleh untuk menyerahkan kekuasaan berdasar rencana Teluk sebagai imbalan bagi kekebalan dari penuntutan hukum.

Dewan Keamanan dengan suara bulat telah mengesahkan Resolusi 2014 pada 21 Oktober lalu, yang mengutuk serangan terhadap demonstran oleh pasukan Saleh dan sangat mendukung rencana GCC.

Beberapa ratus demonstran telah tewas di Yaman sejak demonstrasi anti-pemerintah meletus pada akhir Januari lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com