Makan Terlalu Cepat Bikin Gendut

Kompas.com - 24/11/2011, 10:33 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Makan makanan berlemak, manis, dengan porsi yang berlebihan, sudah pasti membuat Anda berisiko mengalami obesitas. Namun ada satu hal lagi yang bisa memicu risiko obesitas, yaitu makan terlalu cepat. Bahkan menurut penelitian dari Osaka University, Jepang, risikonya meningkat dua kali lipat!

Menurut Profesor Ian McDonald dari Nottingham University, makan terlalu cepat akan mengesampingkan mekanisme yang memberi informasi pada otak bahwa kita sudah kenyang. "Saraf-saraf mengirimkan sinyal ke otak bahwa perut sudah membuncit. Tetapi pada saat yang sama, suatu hormon yang disebut ghrelin -yang dilepaskan ketika perut mengosongkan diri untuk memicu pesan lapar- mulai menurun," katanya.

Pesan berisi "berhenti makan" itu butuh 20 menit (setelah Anda mulai makan) untuk mencapai otak. Bayangkan jika Anda tergolong pemakan cepat, dalam 20 menit Anda tentu sudah makan terlalu banyak.

Selain itu, menurut Dr David Forecast, konsultan gastroenterologi di London Clinic dan St Mark's Hospital, makan terlalu cepat juga menyebabkan Anda kembung dan rasa tak nyaman di perut.

"Anda akan menelan udara dalam jumlah besar, yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan," tuturnya. "Jika Anda merasa nyaman, tapi tidak terlalu kenyang ketika berdiri, tandanya Anda sudah cukup makan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.