Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Pilih Furnitur Ergonomis!

Kompas.com - 24/11/2011, 14:17 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah saat mencoba kursi baru, rasanya badan begitu menempel, nyaman, dan selintas malas untuk beranjak? Kesesuaian antara badan Anda dengan kursi menjadi salah satu contoh konsep ergonomis.

Namun, konsep ini tidak baku, karena penerapan ergonomis untuk tiap individu berbeda-beda. Untuk memilih furnitur ergonomis, berikut trik yang bisa Anda terapkan:

- Pilihlah furnitur sesuai dengan ukuran penggunanya, misalnya untuk ukuran dewasa berbeda dengan furnitur yang diperuntukkan di kamar anak.

- Pilihlah furnitur yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda, jangan membeli sekedar "lapar mata". Dengan melihat kebutuhan maka furnitur akan lebih tepat dalam penggunaannya.

- Perhatikan ketersediaan ruang di dalam rumah. Jangan nekad membeli furnitur dalam ukuran besar sementara luas rumah Anda berukuran mungil. Furnitur akan memenuhi tempat dan ruang gerak di dalam ruangan.

- Perhatikan saat memilih furnitur, pastikan yang Anda pilih bebas racun, tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi tubuh. Hindari furnitur berujung runcing karena akan membahayakan anggota keluarga.

- Untuk menghemat tempat dapat menggunakan furnitur gantung, namun pastikan furnitur ini tertempel dengan kuat dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com