Rak Buku Rapi, Semangat pun Luar Biasa....

Kompas.com - 28/11/2011, 16:55 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Di dalam ruang kerja, keberadaan buku dan raknya tak bisa dihindari. Jika tak ditata dengan baik, maka buku-buku dan rak yang berantakan dapat memberikan kesan sumpek pada ruang kerja.

Nah, agar tampilan ruang kerja bisa menambah semangat, beberapa langkah berikut ini bisa Anda terapkan untuk merapikan rak buku:

Pilih bahan

Pilihlah rak dengan bahan yang kuat dan aman, seperti dari bahan kayu, alumunium, ataupun baja. Pastikan setiap material yang dipilih sudah mengalami pelapisan sehingga tak membahayakan buku-buku koleksi Anda.

Penutup kaca

Jika menggunakan rak tertutup sebaiknya gunakan penutup kaca. Hal ini agar Anda tetap dapat melihat buku-buku yang ada tanpa harus membukanya.

Sirkulasi

Jaga kelembaban rak dengan cara tidak meletakkan buku terlalu rapat satu dengan lainnya. Hal ini akan memberi udara bagi buku dan mencegah gesekan antarbuku yang menyebabkan buku rusak. Jangan pula meletakkan rak menempel dengan dinding yang melatarinya.

Bahaya organik

Letakkan rak dan buku jauh dari tanaman dan makanan, karena buku mengandung zat organik tertentu yang disukai oleh serangga dan tanaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X