Bentuk Otot dengan Makanan Ini

Kompas.com - 30/11/2011, 10:26 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membentuk otot tubuh. Selain berolah raga dan melatih otot dengan latihan pembebanan, asupan makanan pun menjadi bagian penting dalam pembentukan otot.

Meski ada beberapa yang relatif mahal, sumber makanan yang digunakan  untuk membantu pembentukan otot ini nyatanya tidak selalu mahal. Beberapa sumber makanan tertentu sangat mudah dijumpai, murah, dan bahkan menjadi santapan sehari-hari.

Kegiatan membentuk otot bukan hanya diminati kaum pria. Sejumlah perempuan
pun ada yang ingin membentuk otot tubuh tertentu dan terlihat lebih kencang.
Olah raga pembebanan menjadi salah satu cara untuk membantu membentuk otot. Selain itu, Dan Go, pelatih pribadi dan ahli gizi, seperti dirilis Livestrong, juga menyarankan asupan makanan yang dapat membantu terbentuknya otot.

Sumber protein menjadi penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan otot. Meski demikian, peran karbohidrat juga turut ambil bagian dalam pembentukan tersebut mengingat karbohidrat menjadi bahan bakar dalam proses tersebut. Berikut adalah makanan-makanan yang dapat membangun otot tubuh :

1.  Daging sapi

Kontribusi daging sapi terhadap pembentukan otot secara klinis dibuktikan oleh peneliti medis di University of Texas tahun 2007. T Brock Symons dan asosiate memastikan bahwa sintesis protein otot meningkat 51 persen setelah subjek yang disertakan dalam penelitian yang mengkonsumsi sekitar 120 gram sapi tanpa lemak. Sebagai tambahan, pilih daging sapi yang hanya diberi makan rumput. Daging sapi ini kaya akan asam lemak omega-3, asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi, dan padat vitamin A dan vitamin E.

2. Daging kerbau atau rusa

Selain daging sapi, manfaatkan pula daging kerbau maupun daging rusa, bila memungkinkan. Kedua jenis daging ini termasuk sumber protein yang padat vitamin B, besi, fosfor, selenium, zinc, den tembaga.

3.  Kalkun

Meski harganya relatif mahal, daging kalkun adalah salah satu makanan pembentuk otot den sumber protein serta 11 vitamin den mineral. Daging kalkun juga mengandung selenium yang membantu mengurangi risiko terjadinya kejadian kanker tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X