Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Perubahan Payudara pada Ibu Hamil

Kompas.com - 02/12/2011, 18:33 WIB

KOMPAS.com - Hal yang paling tampak ketika Anda hamil bukan hanya perut yang mulai membesar, tetapi juga payudara. Payudara juga akan mengalami berbagai perubahan lain, yang mungkin akan sedikit membuat Anda gelisah. Namun ingatlah, bagian tubuh Anda inilah yang kelak akan memberi kehidupan pada bayi yang baru lahir dengan limpahan ASI-nya. Jadi, sebaiknya nikmati saja.
 
Membesar
Sebelum Anda menyadari bahwa Anda sedang hamil, payudara sudah mulai membengkak. Kondisi ini biasa terjadi pada perempuan yang sedang hamil. Namun, pembesaran payudara yang dialami tak selalu membuat bra-nya bertambah satu nomor atau lebih. Kalaupun payudara Anda tidak berubah ukurannya, tak perlu khawatir. Hal itu tak akan memengaruhi kemampuan Anda untuk menyusui kelak. Sedangkan jika Anda merasa payudara sudah cukup besar, tunggulah hingga ASI memenuhi payudara dan membuatnya lebih besar lagi. Tak ada cara lain untuk menghadapi hal ini kecuali mensyukurinya.

Nyeri
Pada tahap ini Anda mungkin akan merasa marah bukan main ketika suami tanpa sengaja menyenggol payudara Anda. Maklum saja, payudara akan terasa membengkak dan nyeri. Namun kondisi ini akan pulih dengan sendirinya pada tiga bulan pertama kehamilan. Bila Anda sudah melalui masa-masa menyakitkan ini, cobalah untuk mencari bra khusus ibu hamil yang lebih pas. Gunakan selama kehamilan dan menyusui.

Keluar cairan
Pada trimester kedua, payudara biasanya akan mengeluarkan cairan. Warnanya mungkin tidak putih seperti susu, tetapi cenderung kuning atau oranye. Inilah yang disebut kolostrum, cairan pra-susu yang kaya protein dan akan memberikan nutrisi pada bayi selama hari-hari pertama kehidupannya. Awalnya Anda mungkin akan merasa jijik dengan keluarnya cairan ini, namun sadarilah bahwa cairan ini merupakan pertanda bahwa payudara Anda tengah bersiap untuk mengeluarkan ASI.

Muncul stretchmark
Perut Anda yang membuncit mulai mengeluarkan stretchmark? Tak usah mengeluh dulu. Sebab, stretchmark juga akan muncul di payudara. Seperti saat Anda memperlakukan stretchmark di bagian perut, gunakan krim antistretchmark untuk mengatasi masalah ini. Guratan-guratan mirip kulit jeruk ini akan menghilang seiring berjalannya waktu, jadi harap sabar saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com