Benarkah Kopi Bisa Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 06/12/2011, 13:17 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Banyak kita temukan pendapat berbeda di masyarakat tentang manfaat minum kopi untuk menurunkan berat badan. Sebagian orang mungkin ada yang percaya, dan ada yang tidak.

Katherine Zeratsky, RD., L.D, ahli nutrisi dari Mayo Clinic menjelaskan, kafein dapat membantu sedikit menurunkan berat badan atau mencegah kenaikan berat badan. Tetapi sejauh ini, tidak ada bukti kuat bahwa peningkatan konsumsi kafein mampu menurunkan berat badan secara signifikan atau permanen.

Kafein banyak ditemukan dalam berbagai jenis minuman termasuk kopi, teh, energy drink dan cola. Bahkan, kafein juga dapat ditemukan di dalam produk yang mengandung kakao atau cokelat, dan dalam berbagai obat dan suplemen diet, termasuk suplemen yang bertujuan untuk penurunan berat badan.

Meskipun penelitian tentang hubungan antara kafein dan penurunan berat badan tidak definitif, ada beberapa teori terkait yang menjelaskan bagaimana kafein dapat mempengaruhi berat badan, seperti :

* Menekan nafsu makan

Kafein dapat mengurangi sementara keinginan Anda untuk makan dalam beberapa waktu ke depan. Tetapi, tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi jangka panjang membantu penurunan berat badan.

* Kalori terbakar

Kafein dapat merangsang termogenesis - salah satu cara tubuh untuk menghasilkan panas dan energi dari hasil pencernaan makanan. Tetapi cara ini mungkin tidak cukup untuk menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan.

* Hilangnya cairan

Pada beberapa orang, kafein dapat bertindak sebagai diuretik, yang berarti meningkatkan jumlah pengeluaran urin . Meningkatnya intensitas pengeluaran urin, akan membuat tubuh kehilangan air, yang berkontribusi pada penurunkan berat badan anda. Tetapi hal ini tidak mengakibatkan hilangnya lemak tubuh.

Zeratsky mencatat, beberapa studi telah mengamati pengaruh antara kafein dan penurunan berat badan pada hewan. Tetapi temuan tersebut masih dipertanyakan, karena sulit untuk menggeneralisasikannya ke manusia. Beberapa studi bahkan menemukan, kopi tanpa kafein dapat menyebabkan penurunan berat badan secara moderat. Hal ini menunjukkan bahwa zat-zat atau faktor-faktor selain kafein mungkin memainkan peran dalam penurunan berat badan.

Pada intinya, Zeratsky memperingatkan bahwa seseorang harus berhati-hati dalam menggunakan produk kafein untuk membantu penurunan berat badan. Ketika digunakan dalam porsi yang wajar, kafein umumnya aman. Tapi terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kegelisahan, insomnia, mual-mual, tekanan darah tinggi dan masalah lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.