Alat Pertamanan, Dipilah-Pilih Sesuai Keperluan!

Kompas.com - 09/12/2011, 15:56 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Ada banyak kategori alat untuk kegiatan pertamanan. Beberapa di antaranya pasti menjadi alat utama, dan selebihnya tergantung keperluan.

Alat-alat utama pertamanan memang penting untuk pemeliharaan dan tidak bisa dianggap sepele. Sementara beberapa alat lainnya berguna tanpa harus membeli, namun cukup menyewanya.

Hal terpenting dari penggunaan alat pertamanan itu adalah kenyamanan dan ukurannya sesuai dengan badan Anda. Apa saja kira-kira yang Anda butuhkan? Simak berikut ini:

Gunting

Ada dua tipe gunting, yang pertama berjenis by pass. Tipe ini khusus digunakan untuk memotong ranting berukuran kecil, karena dari dua pisau pemotong, hanya salah satu pisau yang bergerak saat pemotongan. 

Tipe kedua adalah anvil. Pemotongan dengan gunting ini dilakukan dengan menggerakkan bilah gunting secara bersama-sama. Jenis ini cocok untuk memotong ranting-ranting berukuran lebih besar karena relatif lebih kuat.

Single handed shears

Ini adalah gunting tangan mini dengan panjang pisau sekitar 12 sentimeter. Dioperasikan dengan satu tangan sehingga pas dipakai untuk merapikan rumput di sekitar pohon atau pinggir tanaman perdu lainnya. Gunting ini sebaiknya ringan, tapi kuat, gampang dipegang, dan seimbang.

Lopper

Ini adalah gunting besar dengan mekanisme pemotongan berupa anvil atau by pass. Tergantung pada ukurannya, lopper bisa memotong ranting hingga diameter 3,6 sentimeter.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X