Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Budayakan Donor Darah

Kompas.com - 13/12/2011, 12:01 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak masyarakat Indonesia membangun budaya donor darah guna memastikan stok darah di seluruh Indonesia cukup dan merata. Kepala Negara menekankan pentingnya persediaan darah di tanah air.

"Sekantong darah dapat menyelamatkan satu jiwa manusia. Blood is a gift of life. Saya kira semua sudah paham artinya dan semua sejuju betapa pentingnya darah bagi jiwa dan nyawa manusia yang memerlukan," kata Presiden pada acara Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada Pendonor Darah di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (13/12/2011).

Pada acara tersebut, Presiden memberikan penghargaan kepada pendonor yang telah melakukan donor darah untuk yang ke-100 kalinya. Presiden juga meminta jajaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan sinergi dengan Palang Merah Indonesia guna meningkatkan volume persediaan darah di Indonesia.

Presiden juga menekankan pentingnya transfusi darah yang cepat dan aman serta didukung sumber daya manusia dan teknologi yang mumpuni. Kepada PMI, Presiden meminta agar terus menjunjung prinsip-prinsip kemandirian dan kesukarelaan, serta mampu bergerak cepat untuk membantu masyarakat di lokasi bencana.

Pada kesempatan itu, Presiden menyumbangkan dana Rp 1 miliar untuk mie instan, telor, dan vitamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com