Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Orang Indonesia Tak Suka Steak Medium?

Kompas.com - 15/12/2011, 09:47 WIB

KOMPAS.com - Ketika Anda bersantap di rumah makan dan memesan beef steak, pelayan restoran tentu akan menanyakan bagaimana steak itu akan dimasak: apakah rare (mentah), medium rare (setengah mentah), medium (matang sedang), atau welldone (matang sempurna). Ketika mendapat pertanyaan tersebut, mayoritas orang tanpa pikir panjang akan meminta olahan welldone. Mengapa tidak mencoba medium, seperti yang biasanya menjadi pilihan orang asing atau para penyuka steak?

Salah satu yang membuat kita cenderung resah adalah keluarnya cairan kemerahan yang keluar dari daging sapi, bahkan ketika daging ini telah dimasak. Padahal, cairan merah ini bukan darah, melainkan juice atau saripati dari daging tersebut.

"Orang bule lebih suka medium, karena suka daging yang juicy. Yang dinikmati itu dagingnya. Sementara orang Indonesia lebih suka welldone, karena mengira daging steak yang medium itu belum matang," tutur Chef Stefu Santoso, Banquet Chef dari The Energy Cafe, saat melakukan demo masak di acara Iron Fam, Jakarta Convention Center, Sabtu (10/12/2011) lalu.

Orang Indonesia lebih memilih daging steak yang matang sempurna. Hal ini sebenarnya berangkat dari kekhawatiran yang mendasar bahwa memasak daging yang tidak welldone adalah tidak halal. Padahal, halal atau tidaknya daging tersebut tidak ditentukan oleh tingkat kematangan daging, melainkan dari proses pemotongan sapi hidup. Misalnya, penyembelihan dilakukan dengan pisau yang tajam, dan dilakukan dengan syariah Islam.

Meskipun tergolong matang-sedang, atau setengah matang, daging medium tidak mengandung bakteri. Sebab, bakteri hanya hidup di permukaan daging sapi saja. Di bagian dalam, bakteri tidak dapat hidup karena lapisan dalam daging tidak mengandung oksigen.

Lidah orang Indonesia yang terbiasa dengan bumbu dan rempah-rempah juga membuat orang Indonesia menyukai rasa yang kuat. Oleh karena itu, ketika menyantap steak mereka cenderung menuangkan saus di atas daging dalam jumlah banyak. Terkadang masih dicocol dengan saus sambal.

"Orang Indonesia lebih suka daging yang kering, dan berbumbu. Tidak heran daging seperti empal atau rendang itu sangat digemari. Sebab bumbunya banyak sekali, sehingga yang dinikmati adalah bumbunya, bukan daging sapinya," tutur Chef Stefu, sambil menambahkan bahwa daging steak biasanya hanya dibumbui garam dan lada saja saat dimasak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com