Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengukur Tingkat Kematangan Daging Steak

Kompas.com - 16/12/2011, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Daging sapi Australia berkualitas tinggi seperti tenderloin atau wagyu, paling cocok dimasak dengan cara yang sederhana. Daging sapi Australia tipe ini paling sering dipanggang menjadi steak. Nah, untuk membuat steak yang lezat dan empuk dengan tingkat kematangan yang sesuai harapan, Anda dapat menggunakan sentuhan tangan. Dengan sedikit latihan Anda dapat menilai tingkat kematangan steak dengan cara ini.

Rare
Buat lingkaran dengan telunjuk dan ibu jari Anda. Sentuh telapak tangan yang menjadi bagian dari lingkaran tersebut. Terasa empuk, bukan? Dengan ujung jari atau punggung penjepit, tekan bagian tengah steak. Bila tekstur empuknya sama dengan telapak tangan Anda, berarti steak telah mencapai tingkat kematangan mentah atau rare.

Medium rare
Dari posisi di atas, geser ibu jari hingga menyentuh jari tengah dan sentuh bagian telapak tangan yang sama. Tekstur ini merupakan ciri steak yang telah mencapai tingkat kematangan mentah-sedang (medium rare).

Medium
Geser lagi ibu jari hingga menyentuh jari manis Anda, untuk mengetahui kematangan medium (matang sedang).

Welldone
Sentuh jari kelingking dengan ibu jari, maka telapak tangan di bawah ibu jari akan terasa lebih keras. Inilah ciri steak yang matang sempurna atau welldone.

Sumber: Meat & Livestock Australia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com