Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyetrika Memiliki Efek seperti Meditasi

Kompas.com - 20/12/2011, 14:27 WIB

KOMPAS.com Menyetrika pakaian mungkin pekerjaan rumah harian yang sering dilakukan. Meski terkesan biasa, sebenarnya kegiatan ini bisa mengurangi kadar stres. Pasalnya menyetrika ternyata memiliki efek seperti meditasi.

Gerakan perlahan dan berulang saat menyetrika menurut Deb Shapiro, seorang pengajar meditasi, sangat mirip dengan gerakan meditasi karena kita fokus pada satu hal yang dilakukan.

"Bila kita melakukan dengan penuh kesadaran, apa yang selama ini kita anggap membosankan dan biasa ternyata bisa menciptakan kedamaian dan mengusir stres," kata Shapiro yang juga menulis buku Be the Change; How Meditation Can Transform You and the World.

Ia menjelaskan, begitu banyak beban dan emosi yang harus ditanggung alam pikiran setiap hari. Bila tidak pernah dikeluarkan, maka beban ini akan terus kita bawa bertahun-tahun dan bisa menyebabkan stres.  

Meditasi adalah salah satu metode dasar untuk berhenti sejenak dan masuk ke dalam kesadaran. Hal ini bisa dilakukan dalam suasana hening. "Kegiatan menyetrika sama seperti halnya memotong sayuran atau melipat pakaian, bisa menjadi salah satu cara untuk diam sejenak dan masuk ke dalam batin," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com