Gerai Donor Darah di Kampus dan Mall

Kompas.com - 20/12/2011, 16:35 WIB
Penulis Syamsul Hadi
|
EditorMarcus Suprihadi

JEMBER, KOMPAS.com- Untuk memudahkan memperoleh sumbangan darah dari warga masyarakat, Palang Merah Indonesia Jawa Timur supaya aktif membuka gerai di kampus dan mall. Upaya ini agar bisa memenuhi target yang ditetapkan PMI Pusat dengan pencapaian donor darah sebesar 2 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau 4,4 juta kantong.

Ini diungkapkan ketua palang Merah Indonesia Jawa Timur Imam Oetomo pada perintatan Hari Relawan PMI di Jember, Jawa Timur, Selasa (20/12/2011).

Provinsi Jawa Timur mestinya punya persediaan satu juta kantong darah, realitanya masih di bawah itu. Perolehan donor darah Jawa Timur dari tahun ke tahun memang menunjukkan kenaikan, seperti perolehan tahun 2009 sebanyak 513.000 kantong, sedang tahun 2010 naik menjadi 584.000 kantong.

Walau demikian, PMI Jatim sudah mampu melayani permintaan dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Kalimantan Selatan dan Aceh. Untuk pencapaian 2 persen, PMI Jatim telah membuka sejumlah gerai unit donor darah di mall dan kampus.

Gerai donor darah sudah dibuka di kampus Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya. Gerai mall juga dibuka di Malang. "Kami masih akan membuika gerai lagi tiga unit gerai di Universitas Brawijaya, Universitas Jember, dan Surabaya bagian barat," tambah Imam Oetomo.

Gerai donor darah yang dibuka di mall dibuat sedemikian menarik supaya pengunjung yang berbelanja di sana jadi berminat menyumbangkan darahnya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X