Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerai Donor Darah di Kampus dan Mall

Kompas.com - 20/12/2011, 16:35 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com- Untuk memudahkan memperoleh sumbangan darah dari warga masyarakat, Palang Merah Indonesia Jawa Timur supaya aktif membuka gerai di kampus dan mall. Upaya ini agar bisa memenuhi target yang ditetapkan PMI Pusat dengan pencapaian donor darah sebesar 2 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau 4,4 juta kantong.

Ini diungkapkan ketua palang Merah Indonesia Jawa Timur Imam Oetomo pada perintatan Hari Relawan PMI di Jember, Jawa Timur, Selasa (20/12/2011).

Provinsi Jawa Timur mestinya punya persediaan satu juta kantong darah, realitanya masih di bawah itu. Perolehan donor darah Jawa Timur dari tahun ke tahun memang menunjukkan kenaikan, seperti perolehan tahun 2009 sebanyak 513.000 kantong, sedang tahun 2010 naik menjadi 584.000 kantong.

Walau demikian, PMI Jatim sudah mampu melayani permintaan dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Kalimantan Selatan dan Aceh. Untuk pencapaian 2 persen, PMI Jatim telah membuka sejumlah gerai unit donor darah di mall dan kampus.

Gerai donor darah sudah dibuka di kampus Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya. Gerai mall juga dibuka di Malang. "Kami masih akan membuika gerai lagi tiga unit gerai di Universitas Brawijaya, Universitas Jember, dan Surabaya bagian barat," tambah Imam Oetomo.

Gerai donor darah yang dibuka di mall dibuat sedemikian menarik supaya pengunjung yang berbelanja di sana jadi berminat menyumbangkan darahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com