Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Ibu dengan Cek Kanker Serviks Gratis!

Kompas.com - 23/12/2011, 09:27 WIB

Kompas.com - Bertepatan dengan Hari Ibu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta meluncurkan program Bulan Cegah Kanker Serviks yang menyediakan deteksi dini kanker serviks dengan metode IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) secara gratis. Acara ini berlangsung pada tanggal 20 Desember 2011 sampai 15 Januari 2012 dan tidak dipunggut biaya alias gratis.

Demikian disampaikan oleh ujar dr Ariani Murti, sekretaris Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dalam acara Peluncuran Program Bulan Cegah kanker Serviks di Puskesmas Kecamatan Jagakarsa, Kamis (22/12/2011).

Program ini, lanjut Ariani, merupakan bentuk sinergi dari berbagai organisasi dan pemerintah yang peduli pada pencegahan kanker serviks, yaitu: FCP-FKUI/RSCM (Female Cancer Program - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), IPKASI (Inisiatif Pencegahan Kanker Serviks Indonesia), Pemerintah Daerah Provinsi DKI - Khususnya Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, PKK DKI Jakarta, YKI Pusat dan YKI DKI, POGI Jaya (Perhimpunan Obstetri Ginekologi Indonesia - DKI Jakarta), HOGI (Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia), serta Kementerian Kesehatan Direktorat Penyakit Tidak Menular.

"Program ini menargetkan setidaknya 6000 perempuan di DKI Jakarta. Jadi kalau ada ibu-ibu yang didapati hasilnya positif, bisa segera ditangani oleh Puskesmas atau dirujuk kerumah sakit," katanya.

Pemeriksaan IVA gratis ini dilangsungkan di 34 titik layanan yang tersebar di Jakarta. Terdiri dari 25 Puskesmas, 3 kantor YKI (YKI Pusat-Menteng, YKI DKI SUnter, dan YKI Lebak Bulus) serta 6 jaringan RS Budi Kemuliaan).

Berikut ini adalah Puskesmas dan rumah sakit yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan pemeriksaan IVA gratis:

Jakarta Pusat

PKC Gambir
PKC Johar baru
PKC Senen
PKL Harapan Mulia
PKL Tanah Tinggi
PKC Kemayoran
PKL Serdang
PKL Utan Panjang
PKL Kebon kosong 1
YKI Pusat
BKIA Bd Kemuliaan Petasan
RS Budi kemuliaan Petojo

Jakarta Timur

PKC Duren Sawit
PKC Jatinegara
PKC Matraman
PKC Pulogadung
PKL Pondok Kelapa
PKL Cipinang Muara
PKC Kramat Jati
 
Jakarta Utara

PKC Koja
PKC Pademangan
PKC Tanjung Priok
PKL Pademangan Barat 1
YKI DKI Sunter

Jakarta Selatan

PKC Cilandak
PKC Jagakarsa
PKC Setiabudi
YKI Lebak Bulus
RS Budi Kemuliaan Dempo
RS Budi Kemuliaan Guntur

Jakarta Barat

PKC Kembangan
PKC Cengkareng
RS Budi Kemuliaan Grogol
RS Budi Kemuliaan Pekojan

Keterangan:

PKC = Puskesmas Kecamatan
PKL = Puskesmas Kelurahan

Sementara itu, Dr. Laila Nuranna, SpoG (K) selaku Ketua Panitia BCKS dan Koordinator FCP/FKUI mengatakan, masih tingginya angka kejadian kanker serviks disebabkan rendahnya cakupan skrining. Ia menyebutkan, 70 persen kasus kanker serviks diketahui pada stadium lanjut.

"Metode IVA terbukti baik, murah dan dapat dilakukan di daerah-daerah karena hanya memerlukan peralatan sederhana, biaya rendah dan dapat dilakukan oleh dokter umum, bidan dan perawat terlatih," katanya ditempat yang bersamaan.

Metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan dini kanker serviks oleh dokter, bidan dan perawat terlatih  dengan cara mengoleskan asam asetat/cuka dapur yang diencerkan (3-5 persen) ke serviks untuk melihat kondisi serviks (leher rahim)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com