Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat "L'arginin" bagi Kesehatan Jantung

Kompas.com - 28/12/2011, 15:23 WIB

Kompas.com — Pengerasan pembuluh darah (arteriosklerosis) akibat penumpukan lemak darah atau plak merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Hal ini terjadi karena dinding arteri menjadi lebih kaku atau mengeras sehingga terjadi penyempitan.

Untuk mencegah serangan jantung atau stroke akibat penyempitan tadi perlu dilakukan pelebaran daerah yang menyempit atau pembedahan bypass pada pembuluh darah jantung. Selain jalan operasi, sebenarnya arteri yang mengeras tadi bisa dibuat lebih rileks dengan kandungan l-arginin.

Menurut Dr J Joseph Prendergast, l-arginin berfungsi sebagai stimulator untuk memproduksi   nitrogen monoksida (nitric oxide/NO) bagi perlindungan kardiovaskular yang kuat.

"L-arginin memengaruhi seluruh sistem kardiovaskular karena ia (l-arginin) bisa membuat arteri rileks sehingga darah mengalir lebih baik ke seluruh tubuh. Kita tidak bisa lagi mengabaikan kekuatan kandungan ini," kata Prendergast, seorang periset l-arginin terkemuka pada seminar kesehatan "The Power of L-arginin" di Jakarta, Senin (26/12/2011).

Ia menuturkan,  tiga peneliti, yaitu Robert F  Furchgott, Louis J Ignarro, dan Ferid Murad, telah mengidentifikasi peran NO ini sebagai molekul sinyal dengan kemampuan untuk membantu meningkatkan komunikasi antar-sel-sel dari sistem kardiovaskular. Penemuan ini membuahkan hasil Hadiah Nobel 1998 untuk bidang fisiologi dan kedokteran, serta menempatkan NO sebagai bintang nutrisi.

Fungsi NO salah satunya adalah sebagai vasodilator, yaitu zat yang dapat menyebabkan terjadinya dilatasi (pelebaran) pada pembuluh darah yang kuat. NO memperlebar arteri, yang pada gilirannya membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke organ vital.

"NO secara alami diproduksi oleh sel endotel pada arteri, tetapi, sama seperti gas, hanya memiliki umur beberapa detik. Peningkatan produksi NO, yang dirangsang oleh l-arginin, akan mencegah molekul dari ketidakaktifannya dan memberikan banyak manfaat bagi sistem kardiovaskular dalam jangka panjangnya," tutur Prendergast.

Saat ini, lanjut anggota Dewan Penasihat Medis Synergy Worldwide ini,  kandungan l-arginin itu dapat dengan mudah dijumpai pada ProArgi-9 Plus. Produk ini dikeluarkan oleh Synergy Worldwide sebagai produk makanan kesehatan paduan dari teknologi mutakhir berbahan baku super dengan standar ketat. 

"Produk ber-l-arginin meningkatkan kesehatan jantung, kebugaran, dan kesehatan secara menyeluruh untuk mencapai umur panjang," kata Prendergast. 

Selain mengandung l-arginin, kata dia, produk ini juga mengandung l-sitrulin, yakni asam amino yang dimetabolisme untuk menghasilkan lebih banyak l-arginin, dan pada gilirannya akan menambah jumlah NO. L-sitrulin inilah yang akan membantu mengoptimalkan aliran darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan energi tubuh.

Selain itu juga, kandungan lain di dalamnya adalah resveratrol atau ekstrak anggur merah yang tinggi akan kandungan antioksidan, antosianin, dan polifenol untuk membantu melindungi jantung dan mengurangi oksidasi LDL, serta sejumlah kandungan bahan penting lainnya.

Selain bermanfaat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular, kandungan-kandungan tersebut juga bermanfaat meningkatkan aliran darah ke organ vital, membantu memerangi efek negatif penuaan dini kardiovaskular; manfaat anti-penuaan, membantu kinerja seksual sehat, membantu menurunkan lemak tubuh, membantu menjaga kadar gula darah sehat, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com