Agar Alat Masak Bebas Kerak

Kompas.com - 30/12/2011, 10:41 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling tidak menyenangkan setelah memasak adalah membersihkan berbagai peralatan dapur yang penuh kerak. Jika sudah menempel lama pada panci atau penggorengan, kerak yang berwarna kehitaman ini sangat sulit dibersihkan. Berikut sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kerak pada alat masak ini.

1. Citrun zuur. Rebus panci atau penggorengan yang berkerak. Tambahkan satu sendok makan citrun zuur ke dalam rebusan tersebut. Rebus sampai semua kerak yang menempel ini terlepas dan terangkat semua ke permukaan. Kemudian cuci seperti biasa dengan spons yang lembut dan sabun cuci.

2. Baking soda. Rebus air dalam panci atau penggorengan yang berkerak. Tambahkan satu sendok makan baking soda. Rebus sampai kotoran terangkat dan terlepas. Cuci dengan sabun dan spons lembut.

3. Tartar cream. Rebus air bersama tartar cream selama 15 menit dalam panci atau penggorengan berkerak. Setelah kotoran  terlepas, cuci seperti biasa.

4. Garam. Tuangkan air panas ke dalam penggorengan atau panci berkerak. Masukkan sejumput garam ke dalamnya, lalu didihkan. Setelah kerak terlepas, maka cuci seperti biasa.

5. Bawang bombay. Untuk menghilangkan kerak, potong bawang bombay menjadi dua bagian, kemudian masukkan ke dalam alat masak yang berkerak. Tambahkan sedikit air dan diamkan sampai kerak ini terangkat dengan sendirinya. Kemudian cuci seperti biasa. (dari berbagai sumber)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.