Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Alat Masak Bebas Kerak

Kompas.com - 30/12/2011, 10:41 WIB

KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling tidak menyenangkan setelah memasak adalah membersihkan berbagai peralatan dapur yang penuh kerak. Jika sudah menempel lama pada panci atau penggorengan, kerak yang berwarna kehitaman ini sangat sulit dibersihkan. Berikut sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kerak pada alat masak ini.

1. Citrun zuur. Rebus panci atau penggorengan yang berkerak. Tambahkan satu sendok makan citrun zuur ke dalam rebusan tersebut. Rebus sampai semua kerak yang menempel ini terlepas dan terangkat semua ke permukaan. Kemudian cuci seperti biasa dengan spons yang lembut dan sabun cuci.

2. Baking soda. Rebus air dalam panci atau penggorengan yang berkerak. Tambahkan satu sendok makan baking soda. Rebus sampai kotoran terangkat dan terlepas. Cuci dengan sabun dan spons lembut.

3. Tartar cream. Rebus air bersama tartar cream selama 15 menit dalam panci atau penggorengan berkerak. Setelah kotoran  terlepas, cuci seperti biasa.

4. Garam. Tuangkan air panas ke dalam penggorengan atau panci berkerak. Masukkan sejumput garam ke dalamnya, lalu didihkan. Setelah kerak terlepas, maka cuci seperti biasa.

5. Bawang bombay. Untuk menghilangkan kerak, potong bawang bombay menjadi dua bagian, kemudian masukkan ke dalam alat masak yang berkerak. Tambahkan sedikit air dan diamkan sampai kerak ini terangkat dengan sendirinya. Kemudian cuci seperti biasa. (dari berbagai sumber)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com