Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lakukan Ini di Meja Kerja Anda!

Kompas.com - 03/01/2012, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Ketika bekerja, sebagian besar dari Anda banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan komputer. Paling tidak hal ini dilakukan selama 8 jam sehari. Usai bekerja, tidak heran bila badan terasa begitu penat. Untuk menghilangkan kepenatan tersebut, olahraga ringan pun bisa dilakukan di meja kerja Anda.

Namun sebelum Anda mengalami berbagai efek kurang baik dari terlalu lama duduk, hindari juga kebiasaan-kebiasaan buruk saat duduk di meja kerja berikut ini:

1. Makan sambil bekerja. Manfaatkan waktu istirahat siang Anda untuk makan bersama teman di luar kantor. Biasakan untuk tidak mengganggu jadwal makan Anda sembari bekerja. Karena saat makan di meja kerja mungkin saja makanan Anda tercemar kuman-kuman dari buku atau komputer di atas meja Anda. Sebaliknya, percikan makanan atau minuman yang jatuh di atas laptop tentu akan membuatnya kotor dan lama-kelamaan tidak berfungsi dengan baik. Selain itu mencampur makan dengan bekerja bisa menjadi bencana bagi diet Anda, karena membuat Anda makan berlebihan tanpa disadari. Sebaiknya beristirahatlah sejenak dari meja Anda dan fokuslah pada piring makan Anda.

2. Menyilangkan kaki. Tanpa disadari, Anda sering duduk sambil menyilangkan kaki. Hal ini bisa menyebabkan adanya tekanan pada kaki Anda, dan akan membuat Anda mengalami sakit punggung. Cobalah untuk tidak terlalu sering menyilangkan kaki saat duduk. Duduklah dengan posisi kaki yang lurus.

3. Mendengar musik terlalu keras. Bekerja akan lebih menyenangkan jika dilakukan sambil mendengarkan musik melalui headphone. Tak salah memang jika Anda melakukan hal ini. Namun, hindari penggunaan headphone dengan volume suara yang terlalu besar. Volume yang terlalu besar akan beresiko merusak gendang telinga. Selain itu, dengan volume yang terlalu keras juga akan bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi untuk mengerjakan semua pekerjaan. Habis, Anda jadi terlalu asik bernyanyi!

4. Tidak beristirahat. Ketika sedang menangani sebuah proyek tertentu dan mendekati tenggat waktu, pikiran Anda akan terpusat pada pekerjaan tersebut dan tak jarang malah mengorbankan waktu istirahat Anda untuk tetap bekerja. Bahkan mungkin saja Anda bahkan merasa tak sempat makan siang, atau mengisi gelas Anda dengan air putih. Selain bisa menyebabkan banyak serangan penyakit, terlalu banyak duduk juga akan membuat Anda menjadi stres berlebihan dan mungkin tidak maksimal dalam bekerja. Tak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda untuk sekadar merelaksasikan pikiran. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih segar saat bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com