Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antara Susu UHT dan Susu Formula untuk Batita

Kompas.com - 04/01/2012, 10:29 WIB

TANYA:
 
Dok, anak saya berusia 18 bulan. Sejak lahir ia selalu mengonsumsi ASI, namun belakangan ini produksi ASI saya terus menurun sehingga terkadang saya memberinya susu formula. Saya ingin tahu tentang susu UHT untuk batita. Ada pendapat yang mengatakan UHT lebih bagus dari susu formula? Benarkah demikian? Apa benar juga bahwa anak balita tidak perlu susu khusus, dalam arti ia boleh minum susu untuk keluarga? Terima kasih penjelasannya.
 
Clarita (33), Depok

JAWAB :

Untuk seusia si kecil (diatas 12 bulan) sebenarnya yang diharapkan adalah pola makannya yang sudah lebih dominan sebagai asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Sedangkan frekuensi susu semakin lama akan semakin dikurangi sampai pada akhirnya asupan nutrisi/zat gizi yang dibutuhkan sebagian besar adalah melalui makan utamanya.

Dengan demikian untuk usia diatas 12 bulan pilihan susu tambahannya semakin bervariatif tanpa perlu harus "bersikeras" memilih-milih susu jenis apa yang dapat menaikkan berat badannya, karena untuk tumbuh kembang seusianya yang dibutuhkan adalah sebagian besar dari makanan utamanya, bukan hanya susu saja. Jadi, pilihan untuk susu tambahan jenis apapun dapat diberikan untuk si kecil.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com