Bedanya Mulas Asli dan Palsu - Kompas.com

Bedanya Mulas Asli dan Palsu

Kompas.com - 04/01/2012, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Jelang persalinan, mulas asli atau palsu dapat dibedakan lewat karakteristik mulas itu sendiri. Namun, pada ibu yang baru pertama kali hamil atau yang mudah panik, biasanya hal ini tidak mudah dilakukan, meski sudah diberi tahu ciri-cirinya. Di sini, suami berperan membantu istri dengan bertanya apa yang sedang dirasakannya, lalu dicocokkan apakah itu termasuk ciri-ciri mulas asli atau palsu.

Ciri-ciri mulas asli
- Kontraksinya kuat dan kencang yang membuat rasa mulas terasa lebih berat.
- Biasanya terjadi di usia kehamilan 37-40 minggu, di saat calon buah hati sudah siap dilahirkan.
- Perasaan mulasnya mendominasi di atas perut atau fundus, lalu merambat ke pinggang, atau dari pinggang merambah ke perut bagian atas dan bawah. Perasaan ini biasanya hilang dan timbul.
- Mulas asli umumnya semakin teratur dan sering. Umpama, awalnya mulas terjadi dua kali dalam 10 menit yang umumnya belum diiringi pembukaan. Selanjutnya bertambah menjadi 3-4 kali dalam 10 menit diiringi dengan pembukaan mulut rahim. Atau terjadi secara kontinu setiap lima menit.
- Lama waktu mulas biasanya lebih lama, dari sebelumnya 10 detik, meningkat 30-60 detik, lalu menjadi 60-90 detik.
- Mulas asli biasanya akan diikuti dengan keluarnya lendir bercampur darah yang disebut bloody show. Inilah saatnya bayi dilahirkan. Dokter beserta tenaga medis lain akan membantu ibu menjalani persalinan.

Ciri-ciri mulas palsu
Meski ciri-cirinya menunjukkan mulas palsu, namun jika ibu ragu dan khawatir, boleh saja datang ke dokter atau rumah sakit untuk berkonsultasi. Jika yakin ini mulas palsu, nyamankan diri Anda, bersikaplah rileks, tenang, berjalan-jalan di sekitar rumah. Berikut ciri-ciri mulas palsu:

- Biasanya frekuensi mulas palsu tidak teratur, kadang muncul lalu hilang dalam tenggang waktu yang berbeda-beda.
- Mulasnya pun berlangsung sesaat. Sebentar muncul sebentar hilang. Umumnya 20 detik hingga dua menit.
- Biasanya rasa mulas tidak diiringi rasa nyeri, hanya mulas biasa, dimulai dari bagian atas rahim kemudian turun ke bagian bawah rahim.
- Biasanya mulas palsu terasa stabil, tidak bertambah kuat atau berkurang dari sebelumnya. Berbeda dengan mulas asli yang terus bertambah kuat.
- Umumnya rasa nyeri terjadi di perut bagian bawah, bukan bagian atas.
- Mulas terkadang terasa hingga di lipatan paha, tetapi tidak merambat ke pinggang seperti pada mulas asli.
- Jika Anda ingin mengatasi rasa mulas dengan berjalan kaki, biasanya rasa mulas akan berkurang. Tak demikian dengan mulas asli yang kian bertambah kuat jika Anda berjalan kaki.

(Tabloid Nakita/Irfan Hasuki)

 


Editorwawa
Close Ads X