Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sunat pada Bayi Laki-laki

Kompas.com - 05/01/2012, 12:45 WIB

TANYA:
 
Anak saya berusia 9 bulan, laki-laki. Ia tergolong sehat dan gemuk karena berat badannya 10 kg. Belakangan ini ia sering menangis kencang sekali. Kemarin saya periksakan ke dokter katanya ia fimosis sehingga harus disunat. Saya tidak tega kalau anak sekecil itu disunat, adakah opsi lain selain sunat untuk penyakitnya itu?
 
Ella (30), Jakarta

JAWAB:

Fimosis adalah penyempitan bagian ujung kulit yang membungkus penis si kecil. Seringkali fimosis menjadi faktor risiko untuk terjadinya infeksi saluran kemih, terlebih bila higiene daerah sekitar penis tidak baik. Keluhan yang sering terjadi pada bayi/anak yang mengalami fimosis biasanya adalah sensasi yang tidak nyaman sampai dengan menangis keras saat ia harus berkemih, karena tekanan urin yang kuat dari kandung kemihnya harus melewati saluran yang menyempit akibat fimosis tersebut.

Bila kondisi tersebut terjadi maka sebaiknya penyempitan tersebut harus segera dilebarkan dengan beberapa cara, yaitu diantaranya dengan melebarkan saluran tersebut dengan cara diregangkan menggunakan alat khusus (klem) atau dengan  cara yang lebih permanen, yaitu dengan disunat. Sunat pada bayi selama dilakukan sesuai prosedural medis yang baik maka tidak ada masalah untuk si kecil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com