Seprofesi tapi Kok Gaji Lebih Kecil?

Kompas.com - 10/01/2012, 10:55 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Bila Anda dan teman menjalani profesi yang sama, tapi gaji si teman lebih besar, jangan cepat berburuk sangka. Ada lima alasan yang memungkinkan gaji Anda dan teman seprofesi berbeda.

Pengalaman kerja, keahlian dan latar belakang pendidikan bisa berpengaruh pada besarnya gaji yang diterima seorang karyawan.

Semakin besar perusahaan tempat Anda bekerja, makin besar juga peluang mendapat penghasilan besar. Tapi, biasanya, gaji besar juga disertai dengan tanggung jawab yang lebih besar.

Industri tempat Anda bekerja umumnya juga memiliki standar gaji yang berbeda. Staf keuangan di perbankan dengan staf keuangan di industri media tentu standar gajinya berbeda.

Gaji di daerah tentu berbeda dengan di ibukota. Biasanya faktor besarnya biaya hidup di sebuah kota juga ikut menentukan besaran gaji.

Ada sebagian perusahaan yang menawarkan gaji tidak terlalu besar, tapi fasilitas dan kesejahteraannya sangat terjamin. Karena itu, sebelum menerima tawaran kerja, cari tahu info lengkapnya lebih dahulu untuk menjadi bahan pertimbangan.

(Majalah Chic/Bestari)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.