6 Peregangan untuk Redakan Stres

Kompas.com - 17/01/2012, 17:42 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Ketika bekerja di depan komputer seringkali rasa lelah melanda. Selain lelah, stres pun akan sering terasa dan bisa menyebabkan kehilangan konsentrasi saat bekerja.

Untuk meringankan gejala stres yang melanda, lakukan olahraga ringan dan simpel sembari bekerja di meja Anda. Misalnya, melakukan peregangan. Yang harus diperhatikan adalah mempertahankan posisi duduk Anda dengan tegak dan lurus. Artinya, leher dan tulang belakang dalam posisi tegak dan netral, bahu dan tubuh lurus, lutut ditekuk 90 derajat dengan kedua kaki rata di lantai.

Lakukan peregangan ini setidaknya 3-4 kali seminggu, tahan selama 15-30 detik, dan ulangi dua kali setiap sesinya.

1. Peregangan leher
Miringkan kepala Anda, pegang bagian leher Anda dan tarik sedikit sampai telinga menyentuh bahu sambil berikan sedikit tekanan. Anda akan merasakan peregangan di sepanjang sisi kiri leher Anda. Lakukan bergantian di bagian kiri dan kanan leher.

2. Peregangan kepala
Duduklah dalam posisi tegak, dengan tulang punggung dalam posisi lurus dan netral, santai, kepala ke arah kanan sehingga Anda bisa menatap melewati bahu kanan, seperti gerakan menengok. Lakukan hal ini di kedua arah, kanan dan kiri. Lakukan selama beberapa detik sehingga Anda merasa santai.

3. Peregangan bahu
Jaga posisi bahu agar tetap santai, dan letakkan lengan kanan di atas lengan kiri di depan dada. Beri sedikit tekanan untuk meredakan rasa stres. Lakukan kebalikannya selama beberapa saat.

4. Peregangan punggung belakang
Silangkan kedua lengan Anda di depan tubuh sambil bersandar di kursi. Kemudian sambil menyilangkan tangan, raihlah lengan kursi. Jika tidak ada, berpeganglah ke bagian bawah kursi. Peregangan sambil memengang lengan kursi ini bisa menjaga tulang belakang Anda dalam posisi yang lurus sehingga bagian punggung belakang Anda akan terasa lebih nyaman setelah melakukan peregangan.

5. Peregangan punggung depan
Jagalah tulang punggung Anda dalam keadaan tegak, kemudian bungkukkan punggung Anda dari pinggul mencapai ke lantai. Buatlah gerakan seolah ingin menyentuh jari kaki, letakkan tangan pada pergelangan kaki atau tulang kering kaki Anda.

6. Peregangan jari tangan
Pegang tangan kanan Anda, dan letakkan di atas meja. Kemudian gunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda, lakukan peregangan dengan menjauhkan masing-masing bagian jari yang diregangkan. Lakukan pada kedua belah tangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.