Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Stres Bikin Keranjingan Makanan Manis

Kompas.com - 19/01/2012, 09:51 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dokter, kenapa setiap kali mengalami kondisi tertekan dan stres, saya selalu berhasrat memakan makanan manis dari gula-gula sampai cokelat? Bagaimana kondisi stres in bisa sampai membuat saya jadi keranjingan makanan manis, dan bagaiman cara mengatasinya, karena saya memiliki riwayat keluarga pengidap diabetes melitus. Terimakasih dokter atas penjelasannya.

(Menik, 25, Malang)


JAWAB :

Mbak Menik yang baik,

Makanan manis seperti gula dan cokelat memang membuat otak menjadi lebih rileks. Saya pernah menulis tentang apakah Cokelat obat Depresi di kompas.com. Di sana dikatakan bahwa makanan seperti cokelat, makanan pedas mampu meningkatkan endorphine di dalam tubuh. Endorphine adalah suatu zat hormon yang diproduksi di dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan rasa senang dan menghilangkan rasa nyeri.

Cokelat ataupun makanan manis hanya membantu orang yang sedang dalam kondisi tidak nyaman atau stres akut sedikit lebih tenang, itupun sifatnya sementara.

Selain makanan manis sebenarnya yang disukai oleh orang yang mengalami stres adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena ini berhubungan dengan sistem di otak yang sifatnya menenangkan. 

Masih banyak cara lain untuk mengurangi stres, selain dengan adaptasi terhadap stres itu, kita juga dapat melakukan olahraga atau aktifitas yang meningkatkan hormon rasa senang di tubuh. Apalagi jika sudah mengetahui adanya riwayat diabetes di keluarga, ada baiknya tidak terlalu sering makan-makanan yang manis sejak masih usia muda.

Semoga bisa membantu, Salam Sehat Jiwa

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.