Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Sayuran dalam Sepiring Steak

Kompas.com - 20/01/2012, 11:17 WIB

KOMPAS.com - Rasanya semua orang pernah merasakan nikmatnya steak. Tekstur daging yang lembut dan juicy menjadi salah satu daya tarik dan kelezatan steak. Sebagai pelengkap, biasanya disajikan pula beberapa macam sayuran seperti wortel, buncis, sampai jagung. Sayangnya, tak semua orang menyukai sayuran pendamping ini. Mereka ingin "berkonsentrasi" saja dengan daging steak dengan guyuran bumbunya. Sering terjadi, sayuran ini malah tidak disantap sama sekali.

"Banyak orang yang belum menyadari manfaat dari sayuran di dalam steak, padahal ada fungsinya mengapa disajikan bersama," tukas Wanda Gunawan, Executive Sous Chef InterContinental Jakarta MidPlaza kepada Kompas Female, dalam acara Wagyu Beef Sunday Brunch di Java Restaurant, Hotel InterContinental MidPlaza, Minggu (15/1/2012) lalu.

Salah satu alasan untuk menyandingkan steak dengan sayuran adalah untuk melengkapi nilai kecukupan gizi dalam makanan ini. Daging sapi yang populer digunakan untuk membuat steak merupakan sumber protein yang baik, sayur-sayuran dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan serat dan beberapa vitamin, sedangkan kentang untuk melengkapi kebutuhan karbohidrat. 

Bila semua unsur itu lengkap, sebenarnya satu porsi steak sudah mencukupi kebutuhan gizi harian. Seperti dikutip dari buku yang berjudul Tabel Komposisi Pangan Indonesia yang ditulis oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia, dalam 100 gram daging sapi, terdapat sekitar 19,1 gram protein, dan 12 gram lemak, tanpa kandungan serat, dan karbohidrat sama sekali. Sayuran seperti buncis mengandung sekitar 2,2 gram protein, 1,5 gram serat, dan 8 gram vitamin C. Sedangkan kentang memiliki 13,5 gram karbohidrat, 2,1 gram protein, dan 21 gram vitamin C.

"Daging memiliki kolesterol yang tinggi karena kandungan lemaknya. Maka sayuran ini bisa menyeimbangkan kebutuhan gizi per porsi," tambah Wanda. Dalam seporsi steak, sayuran bisa membantu Anda untuk menyeimbangkan dan menurunkan kadar lemak dan kolesterol yang terkandung dalam makanan ini. Selain itu, sayuran juga bisa memberi kesegaran pada daging steak yang sudah gurih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com