Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Berendam Lebih Nyaman

Kompas.com - 01/02/2012, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Percaya atau tidak, kelelahan yang disebabkan karena bekerja ternyata bisa dihalau dengan berendam. Sejak zaman dahulu, merendam tubuh di air hangat dipercaya sebagai terapi relaksasi sekaligus gaya hidup sehat. Berendam dengan air hangat juga bisa membuat otot lebih rileks sehingga mampu mengurangi kram otot dan sakit kepala. Untuk mengembalikan kesegaran tubuh dengan berendam, tidak ada salahnya mencoba beberapa tip ini:

Gunakan aromatic essential oil
Tambahkan sedikit minyak esensial ke dalam bak yang sudah setengah terisi. Pilihlah minyak yang memiliki aroma bunga seperti lavender, melati, dan mawar. Bunga-bungaan ini dipercaya bisa memudahkan tubuh rileks lebih cepat.

Perhatikan suhu air
Berendam di air hangat merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh rileks. Suhu yang ideal untuk berendam adalah 33 derajat Celcius. Untuk mengukur tingkat kehangatan air, gunakanlah pergelangan tangan Anda. Bagian tubuh ini merupakan alat ukur yang paling baik untuk mengetahui seberapa hangatnya air saat mengenai seluruh tubuh nantinya.

Body scrub
Memijat tubuh dengan lembut menggunakan spons dan body scrub akan membantu kulit kita menjadi lentur dan lembab.

Tutuplah mata

Menutup mata selama berendam mampu membuat kita lebih cepat rileks. Cobalah meletakkan timun dingin, kompres es, atau bantalan mata yang telah direndam dalam teh chamomile dingin di atasnya.

Mandi garam
Lelah setelah berolahraga seharian? Mandi garam merupakan solusi untuk membuat otot kembali lentur. Selain itu, jika kita merasa sakit atau bengkak, mandi garam bisa membantu mengurangi cedera. Selain itu, hal ini juga bisa mengeluarkan racun dari kulit dan meningkatkan sirkulasi sehingga meringankan ketegangan dan merevitalisasi tubuh.

Nyalakan lilin
Ruangan terang hanya akan memberikan sinyal pada tubuh untuk beraktivitas bukan istirahat. Untuk meredupkan suasana sebaiknya gunakan beberapa batang lilin dan tempatkan di sekitar ruangan dan di pinggir bak mandi. Dapatkan kenikmatan berendam yang tak pernah dirasakan sebelumnya.

Siapkan air dingin
Ingin tetap segar sepanjang mandi? Jangan biarkan keringat yang keluar karena berendam di air hangat mengganggu kenyamanan kita. Tempatkan semangkuk air es dan handuk di samping bak mandi. Gunakanlah air tersebut sebagai kompres dingin pada dahi atau tengkuk untuk membantu kita tetap segar sepanjang waktu mandi.

Jubah mandi
Gunakan jubah mandi dari kain atau handuk berbahan halus  yang memungkinkan kita untuk merasa hangat dan nyaman setelah berendam.

Bersantai setelahnya
Berikan me time yang lebih panjang dengan mematikan ponsel selama satu jam atau lebih, sehingga dapat menikmati waktu untuk diri sendiri. Tambahkan kenikmatan dengan menyeruput segelas teh sambil membaca atau mendengarkan musik.

Manjakan diri

Selain tubuh, rambut juga bisa menjadi perhatian kita selanjutnya. Oleskan kondisioner atau masker rambut, kemudian tutup dengan shower cap atau handuk, dan biarkan selama 15 - 20 menit selagi Anda mandi. Setelah itu cuci dan bilas. Cerahkan juga kulit wajah yang kusam dengan masker stroberi buatan sendiri. Aplikasikan selama 30 menit sebelum membersihkannya dengan air dingin.

Dengarkan alunan musik
Dengarkan musik untuk mendapatkan mood dan membantu dalam proses relaksasi. Bisa juga ditambah perangkat digital yang sarat dengan visualisasi. Siapa tahu kita bisa membayangkan diri berada di Pantai Karibia. Nikmatnya….

(Prevention Indonesia Online/Grace Natali)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com