Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Takut Berlebihan Dapat Memicu Stroke

Kompas.com - 02/02/2012, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Hampir setiap orang pernah mengalami saat-saat dimana merasa cemas dan takut. Kondisi seperti ini tentu sangat mengganggu dan dapat mempengaruhi kehidupan mereka yang sering mengalaminya sehingga terkadang dapat memicu depresi.

Tak hanya itu, sebuah riset terbaru bahkan mengindikasikan bahwa orang yang memiliki rasa takut atau kecemasan berlebihan memiliki  risiko lebih besar terkena stroke.  Riset ini melibatkan sekitar 1.082 orang dewasa tua tanpa penyakit penyerta seperti demensia, yang kemudian dinilai tingkat kecemasannya menggunakan alat ukur.

Setelah diamati selama tiga setengah tahun, tercatat ada 258 peserta yang meninggal dunia. Untuk mengetahui penyebabnya, kemudian peneliti melakukan otopsi pada area otak para peserta yang telah meninggal.  Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat kecemasan tertinggi, mengalami peningkatan risiko terkena stroke yang sulit terdeteksi sebesar 2,4 kali, dan peningkatan risiko stroke yang mudah terdeteksi sebesar 1,8 kali.

Dalam temuannya, peneliti sudah memperhitungkan faktor risiko lainnya terkait fungsi motorik otak, risiko kardiovaskular dan neurotisisme (kecenderungan untuk merasa cemas dan murung). Studi ini akan dipublikasikan dalam American Stroke Association di New Orleans Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com