Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Makanan Pelangsing Perempuan Jepang

Kompas.com - 06/02/2012, 09:36 WIB

KOMPAS.com - Ketika melihat tubuh perempuan Jepang yang cenderung langsing, Anda mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana sebenarnya pola diet mereka. Namun, meskipun beberapa dari mereka memang melakukan diet, sebenarnya ada banyak kebiasaan lain yang mampu merampingkan tubuh mereka, misalnya berjalan kaki. "Sebagian besar orang Jepang gemar menggunakan transportasi umum sehingga mereka banyak bergerak dan berjalan kaki," ungkap Sonoko Sakai, penulis artikel Four Foods That Keep the Japanese Thin.

Menurut Sonoko, ada beberapa makanan yang biasa disantap orang Jepang, yang mampu menjaga tubuh mereka tetap langsing:

1. Agar-agar rumput laut
Agar-agar rumput laut, atau agar-agar yang berwarna transparan, di Jepang disebut dengan kanten. Makanan ini dijual dalam bentuk bubuk, dikeringkan dalam ukuran panjang, dan biasa digunakan untuk membuat jelly sebagai makanan penutup di Jepang. Kanten kering ini dimasak seperti halnya agar-agar pada umumnya. Namun, kanten bisa membeku dengan mudah pada suhu kamar dibandingkan dengan agar-agar lainnya. Karena mengandung sekitar 80 persen serat, kanten juga memberikan sensasi kenyang lebih lama ketika dimakan.

2. Agar-agar tepung ubi
Konnyaku, demikian sebutannya, adalah jenis agar-agar khas Jepang yang sangat kenyal dan terbuat dari tepung ubi gajah. Makanan ini berasal dari Cina dan biasa digunakan sebagai obat oleh para biarawan Budha. Konnyaku mengandung mineral, serat, dan protein. Terdiri dari 97 persen air, dan dikenal bisa membantu menormalkan gula darah dan kolesterol. Konnyaku juga ada yang terbuat dari beras, dan bisa digunakan sebagai pengganti gandum. Kadang-kadang digunakan sebagai kombinasi dengan beras biasa dan ditambahkan dengan tomat dan rempah-rempah untuk menghasilkan hidangan paela rendah kalori.

3. Sayuran laut liar
Hijiki merupakan sayuran laut liar yang berwarna hitam, dan biasanya tumbuh di garis pantai Jepang, Korea, dan Cina. Hijiki memiliki kandungan kalsium, magnesium, dan besi yang tinggi. Kandungan banyak bahan berguna dalam hijiki bisa membantu Anda memiliki ukuran tubuh yang langsing dan seimbang. Selain itu, sayuran ini juga baik untuk membuat rambut menjadi tebal, hitam, dan berkilau.

4. Dadih susu kedelai
Susu kedelai juga memiliki dadih? Ya, dadih susu kedelai, atau lebih dikenal dengan nama yuba,  merupakan salah satu makanan yang dianggap lezat di Jepang karena kandungan rasanya yang segar. Makanan ini mengandung protein yang tinggi, serta serat yang berguna dalam tubuh. Yuba sering digunakan dalam masakan vegetarian di Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com