Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Kurus karena Tak Suka Sufor?

Kompas.com - 07/02/2012, 14:53 WIB


TANYA:
 
Anak saya berumur 8 bulan. Sejak selesai cuti (umur 3 bulan) dia saya tinggal bekerja. Tetapi dia tidak mau minum susu formula sehingga kalau pagi sampai siang dia hanya makan nasi blender, biskuit bayi, dan minum air putih. Badannya susah gemuk karena BB sekarang hanya 6,5 kg.
 
Yang ingin saya tanyakan, kenapa anak saya susah gemuk? Ada yang bilang bisa saja anak saya terkena flek paru-paru. Apakah ada pengaruhnya terhadap BB jika dari pagi-siang dia tidak minum ASI atau sufor?
 
Irna (27), Tegal

JAWAB:

Si kecil dapat saja tidak menyukai sufor, sehingga ibu tetap dapat memberikan ASI meski bekerja di luar rumah dengan cara memompa/memerah sehingga dapat diberikan saat ibu sedang bekerja. Dan untuk mencapai berat badan yang optimal untuk seusia si kecil adalah dengan mengoptimalkan pemberian makanan tambahannya.

Apabila asupannya sudah memenuhi kebutuhan kalorinya dengan optimal, maka berat badannya akan mencapai kondisi ideal. Secara bertahap porsi makanannya dinaikkan sesuai toleransinya. Semakin bertambahnya usia, lebih diutamakan asupan nutrisi yang berasal dari makanan tambahannya dibandingkan dari susu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com