Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Belanja "Online" Tak Bikin Konsumtif

Kompas.com - 07/02/2012, 15:24 WIB

KOMPAS.com - Online shopping kini bukan merupakan "barang baru" lagi. Kemudahan dan rasa aman yang ditawarkan berhasil memikat banyak orang untuk mengadopsi gaya belanja baru ini. "Sejauh pengamatan saya, sampai saat ini sudah banyak orang yang suka online shopping, terutama perempuan," ungkap Fitria Yusuf, penulis buku sekaligus penyuka online shopping kepada Kompas Female, dalam acara BCA Klikpay, di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, beberapa waktu lalu. Hal ini didasarkan pengamatannya terhadap maraknya respons terhadap bisnis online yang dijalankan di website, blog, sampai jejaring sosial seperti facebook atau twitter.

Menurut Fitria, pilihan barang yang dibeli pria dan wanita dalam toko online cenderung berbeda. "Pria lebih tertarik untuk membeli gadget, aksesori elektronik, dan barang elektronik lainnya. Sedangkan perempuan lebih suka belanja baju, pernak-pernik, sepatu, sampai perlengkapan bayi," tukasnya.

"Online shopping" lebih konsumtif?
Beragamnya produk menarik yang ditawarkan, kemudahan memilih barang dan bertransaksi, sampai proses pengiriman dalam waktu cepat, menjadi beberapa keunggulan toko online yang dapat memanjakan pembeli. Namun jika tidak ditanggapi dengan bijak, bisa membuat Anda sulit mengerem keinginan untuk berbelanja. Kemungkinan untuk menjadi lebih konsumtif semakin bertambah karena ketika belanja online sering kali Anda harus menggunakan kartu kredit. Dibutuhkan kontrol diri yang kuat agar kepraktisan ini tidak mengubah Anda menjadi konsumtif.

Fitria berbagi tips agar tren online shopping tidak menjadikan Anda konsumtif:

1. Tentukan budget. Seperti saat melakukan belanja konvensional di mal atau pusat perbelanjaan lainnya, tentukan budget Anda untuk berbelanja. Menetapkan berapa besar dana untuk berbelanja bisa mengerem keinginan untuk berbelanja lebih dari yang Anda butuhkan. Penetapan budget sangat membantu, terutama ketika Anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit agar Anda tidak kebablasan berbelanja.

2. Bandingkan harga. Jangan terburu-buru untuk memutuskan membeli barang. Dalam beberapa website, pasti ada banyak pilihan barang dari merek yang sama. Coba bandingkan apakah ada web yang menawarkan barang yang sama namun dengan harga yang lebih murah. Selain itu, teliti juga kualitas produk itu sendiri. Cara ini terutama bisa dilakukan ketika Anda akan membeli produk elektronik atau gadget.

3. Tentukan prioritas. Sah-sah saja jika Anda tergiur untuk berbelanja ketika berselancar di toko online. Namun, untuk menghindari pembelanjaan yang melebihi target, sebaiknya tentukan prioritas barang yang perlu Anda beli. Jika tidak menentukan prioritas, salah-salah Anda tidak mendapatkan barang yang memang harus dibeli, dan malah mendapatkan barang lain yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.

4. Lakukan di waktu senggang. Berselancar di toko online sebaiknya dilakukan di waktu senggang. Selain tak mengganggu pekerjaan lain, Anda akan lebih menikmati proses belanja, mampu menentukan prioritas belanja, menetapkan budget yang tepat, serta bisa mencari-cari online seller yang menjual barang dengan harga yang lebih murah dan berkualitas baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com