Bedanya Ungkapan Cinta Anda dan Dia

Kompas.com - 14/02/2012, 15:09 WIB

KOMPAS.com - Mengungkapkan cinta kepada pasangan dapat menyelamatkan rumah tangga. Ungkapan cinta merupakan salah satu bentuk komunikasi. Menurut matchmaker juga dating coach, Joanne Warsito, pasangan yang memiliki komunikasi baik, mampu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya dalam menjalani rumah tangga.

Cara mengungkapkan cinta bisa beragam, tak harus verbal, namun bisa dengan memberikan perhatian melalui berbagai hal kecil dalam keseharian. "Mengungkapkan cinta dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya memberikan perhatian. Ungkapan cinta penting untuk mengingatkan pasangan, bahwa meski Anda sibuk tapi Anda selalu menyintainya," jelas Joanne kepada Kompas Female di Jakarta belum lama ini.

Joanne yang juga adalah pendiri dan CEO Matchactually-Asia, menjelaskan ungkapan cinta perempuan dan pria berbeda. Perbedaan ini harus dipahami, dengan tak menuntut pasangan memberikan perhatian atau mengungkapkan cinta menggunakan cara Anda. Agar semua kebutuhan terpenuhi, pasangan perlu menyadari pentingnya mengungkapkan cinta melalui perhatian atau kata-kata. Jadi, meski caranya berbeda, ungkapan cinta perlu disampaikan terus menerus, setiap harinya sebagai salah satu cara memelihara cinta.

"Cinta dan mengungkapkan cinta adalah proses, sehingga perlu dirawat dan dilakukan setiap hari secara bertahap. Kalau pasangan sudah lama tidak mendapatkan perhatian, akan muncul perasaan tidak aman dalam dirinya," jelas Joanne.

Pahami bedanya
Kenali perbedaan yang terjadi antara Anda dan Dia dalam mengungkapkan cinta, lalu lakukan sesuatu terhadapnya. Sehingga Anda dan pasangan bisa saling melengkapi dan memenuhi kebutuhan masing-masing akan perhatian dan cinta. "Pria harus tahu bagaimana menghadapi perempuan, begitu pun perempuan, harus tahu bagaimana menghadapi laki-laki," jelasnya.

Menurut Joanne, kebanyakan perempuan menganggap penting ungkapan cinta secara verbal. Sementara laki-laki lebih suka mendapatkan perlakuan dan perhatian istimewa, dibandingkan ucapan cinta. Lantas, seperti apa bentuk ungkapan cinta yang disukai atau dibutuhkan pasangan? Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Itulah sebabnya, pasangan perlu saling mengenal dan mendalami pribadinya.

"Anda yang tahu seperti apa kebutuhan pasangan akan perhatian, setiap orang bisa berbeda. Kalau bingung ingin memberikan perhatian seperti apa, tandanya Anda belum mengenal pasangan secara mendalam," jelas Joanne.

Secara umum, Joanne memberikan contohnya. Perempuan, katanya, cenderung menyukai bentuk perhatian yang lebih dramatis. Sementara pria, membutuhkan perhatian yang cenderung praktis dan hal-hal kecil. Anda bisa membuatkan kopi sebagai bentuk perhatian sederhana yang bisa Anda lakukan terhadap pria. Namun, kembali lagi, kenali pasangan Anda. Bisa jadi ia tak suka dibuatkan kopi tetapi lebih membutuhkan pijatan lembut tangan Anda, atau bahkan sekadar melihat Anda tersenyum saat ia sedang lelah baginya sudah menjadi bentuk perhatian luar biasa Anda terhadapnya. Kenali kebutuhan dan karakter pasangan untuk membantu Anda mengungkapkan cinta dalam bentuk perhatian yang tepat untuknya.

"Berikan perhatian yang pasangan suka, bukan apa yang Anda suka atau yang Anda pikir si dia akan suka," saran Joanne.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    Editorwawa

    Close Ads X