Olahraga Berlebihan Memicu Radikal Bebas

Kompas.com - 21/02/2012, 20:39 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Salah satu bagian dari pola hidup sehat adalah dengan rutin berolahraga. Jika olahraga dilakukan dengan cara yang tepat, Anda bisa menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit. Namun jika dilakukan dengan cara yang salah, olahraga justru akan menyebabkan timbulnya penyakit dalam jangka panjang, demikian menurut dr Samuel Oetoro, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinis.

Frekuensi olahraga yang berlebihan dan mengakibatkan Anda terlalu lelah, misalnya, bukanlah hal yang disarankan. Menurut Samuel, olahraga yang berlebihan akan menghasilkan radikal bebas dalam tubuh yang berpotensi menyebabkan penyakit. "Hindari olahraga sampai ngos-ngosan," ujarnya, saat peluncuran label buah nusantara di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Radikal bebas bisa disebabkan oleh faktor eksternal, seperti rokok, zat kimia, sinar UV, makanan, dan polutan. Tetapi, ada pula faktor internal yang mampu menghasilkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas juga bisa dihasilkan saat kita bernafas, namun dalam jumlah yang masih bisa ditolerir. Radikal bebas ini terbentuk sebagai produk sampingan dari proses oksidasi atau pembakaran dalam tubuh. Namun, jumlah radikal bebas yang diproduksi tidak bisa ditolerir tubuh lagi ketika tubuh sudah melakukan kerja yang berat seperti olahraga berlebihan.

Olahraga berlebihan akan membuat tubuh membutuhkan suplai oksigen yang sangat banyak, sehingga peningkatan ini akan memicu timbulnya radikal bebas dalam tubuh. Jika gaya olahraga semacam ini dilakukan dengan frekuensi yang sering, maka akan terjadi penumpukan radikal bebas dalam tubuh yang kelak menyebabkan penyakit kronis seperti serangan jantung dan kanker. Selain berbagai penyakit ini, radikal bebas juga bisa berdampak buruk pada kulit, dan bisa membuat kulit menjadi rusak dan menyebabkan penuaan dini.

Untuk menghindari penumpukan radikal bebas dalam tubuh, hindari melakukan olahraga berlebihan. Jika sudah merasa lelah, sebaiknya beristirahatlah sebentar dan atur pernafasan agar normal kembali. Supaya lebih maksimal, atur juga pola makan Anda. Konsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan. "Makanlah buah dan sayur dengan teratur untuk menangkal terbentuknya radikal bebas dalam tubuh," saran Samuel.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X