Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psoriasis Berkaitan dengan Perlindungan HIV

Kompas.com - 07/03/2012, 18:55 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Psoriasis adalah penyakiut autoimun, sebuah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh itu sendiri. Akibatnya adalah kulit memerah, gatal dan bersisik.

Baru-baru ini, ilmuwan menemukan bahwa penderita psoriasis memiliki variasi genetik yang membantunya melindungi diri dari dampak buruk virus HIV-1.

Peneliti menemukan bahwa variasi genetik penderita psoriasis hampir sama dengan HIV controller, orang yang terinfeksi HIV-1 namun mampu mempertahankan diri sehingga infeksi HIV tak berlanjut menjadi AIDS.

Ilmuwan mengobservasi 1700 penderita psoriasis dan hampir 3600 orang tanpa psoriasis. Hasil riset menunjukkan bahwa pendrita psoriasis secara signifikan mampu mempertahankan diri dari dampak buruk HIV-1.

Studi ini dilakukan oleh Haoyan Chen dari University of California di San Fransisco. Penelitian dipublikasikan di jurnal Public Library of Science 16 Februari 2012 lalu.

Menurut peneliti, hasil penbelitian memberi petunjuk bahwa psoriasis adalah malfungsi dari variasi gen yang harusnya melindungi tubuh dari penyakit.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami mengapa penyakit autoimun muncul. Dengan cara ini, mekanisme pertahanan dari HIV dan upaya menangani penderita HIV/AIDS bisa diupayakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com