Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Juga Butuh "Liburan"

Kompas.com - 12/03/2012, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Ketika banyak orang berlomba-lomba untuk memperbanyak frekuensi olahraga, secara mengejutkan aktris cantik Emma Stone mengatakan bahwa ia sedang libur nge-gym selama sebulan, dan ternyata sangat menikmatinya. Selain itu, ia juga merasa lebih santai karena tak lagi diperbudak oleh gym.

Namun tak dapat dipungkiri, bahwa Emma juga merasa tubuhnya tak terlihat seksi ketika ia cuti berolahraga. Sehingga ia memutuskan untuk menutupi ketidaksempurnaannya dengan menggunakan baju-baju yang longgar. Tentu saja, olahraga memang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, namun sikap Emma untuk cuti sementara dari gym membuat kita berpikir, "Apakah libur nge-gym itu juga perlu?" Tak jarang ada orang yang melakukan olahraga ketat hanya karena terobsesi dengan tubuh yang kurus, sehingga tidak mempedulikan kondisi tubuh yang kelelahan.

Douglas Sklar, personal trainer sekaligus pendiri PhilanthroFit Training, LLC di New York City mengatakan, "Tak ada yang salah dengan menjadwalkan beberapa hari untuk libur latihan. Sebenarnya ini adalah ide yang bagus untuk mengembalikan kondisi tubuh dan meremajakan tubuh dari stres, serta rutinitas harian Anda," tukasnya. Doug menambahkan bahwa olahraga setiap hari sebenarnya justru bisa merusak tujuan olahraga, dan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk cidera.

Meskipun begitu, cuti yang dilakukan Emma selama sebulan belum tentu baik untuk Anda. Jika berolahraga rutin bisa membuat kalori lebih banyak terbakar, dan tujuan olahraga Anda sukses, Doug merekomendasikan untuk mengambil liburan selama satu sampai dua minggu latihan saja. "Rentang waktu ini tidak akan mempengaruhi kebugaran secara keseluruhan, dan tubuh masih bisa mentolerir tenggang waktu ini," tukasnya.

Libur selama satu sampai dua minggu ini dianggap bisa memberi motivasi lebih untuk olahraga lebih baik dan benar, sekaligus memberi kesempatan pada diri sendiri untuk beristirahat di antara waktu latihan. Perhatikan kebutuhan tubuh untuk olahraga dan beristirahat, karena olahraga juga bisa membuat tubuh lelah. Lagipula tak ada salahnya kan untuk memanjakan diri?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com