Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kulit Putih Bukan Idaman Perempuan

Kompas.com - 19/03/2012, 14:49 WIB

KOMPAS.com - Perempuan tidak mendambakan kulit putih, tetapi lebih menginginkan kulit yang lebih halus, lembut, dan lembab. Demikian hasil riset terhadap konsumen Indonesia untuk penggunaan losion tubuh, diadakan Beiersdorf, pada 2011.

Pelembab merupakan salah satu produk perawatan kulit yang digunakan perempuan untuk mendapatkan kondisi kulit dambaan ini. Masih menurut riset, Indonesia Hand & Body Lotion Usage & Attitude Study 2011, perempuan Indonesia juga menginginkan produk perawatan kulit, dalam hal ini pelembab, yang terasa lembut di kulit, tidak memicu reaksi alergi atau hipoalergenik, menggunakan bahan alami, dan dapat memproteksi kulit dari paparan sinar matahari atau pelembab yang mengandung SPF.

"Kulit putih masuk dalam 10 besar kondisi kulit yang diinginkan perempuan, tapi bukan lima besar keinginan perempuan akan kondisi kulit," jelas Ika Paramitha, Group Brand Manager PT Beiersdorf Indonesia saat peluncuran inovasi terbaru Nivea Hydro IQ di Jakarta beberapa waktu lalu.

Masalah tubuh dan kulit

Menurut riset yang sama, perempuan Indonesia mengalami lebih dari 20 masalah kulit dan tubuh yang dikhawatirkan dan juga terjadi selama satu tahun terakhir. Keinginan perempuan Indonesia untuk memiliki kulit halus, lembut, dan lembab didorong oleh sejumlah masalah kulit tersebut. Penggunaan pelembab menjadi salah satu solusinya, namun dari banyak inovasi skincare yang tersedia di pasaran, masih sedikit produk skincare yang memberikan hasil efektif dalam merawat kulit.

"Karena itu banyak perempuan yang mencari produk skincare dengan nilai tambah memberikan hasil lebih efektif, bukan sekadar memenuhi kebutuhan dasar membersihkan dan melembabkan tapi lebih dari itu," jelas Ika.

Sepuluh masalah kulit yang kerap dialami perempuan di antaranya, kulit kering, kusam, noda bekas jerawat, kulit gelap, bintik hitam, kerutan, kulit kasar, warna kulit tidak merata, berjerawat, mudah kecoklatan kalau terpapar sinar matahari.

Masalah kulit dan tubuh lainnya yang menjadi sumber kekhawatiran, dan juga terjadi pada perempuan di Indonesia di antaranya:
* Kulit berminyak.
* Rentan terkena alergi.
* Spider veins, pembuluh darah kecil berwarna ungu kemerahan yang sering kali terlihat di paha, pergelangan kaki, atau kaki terlihat seperti garis-garis halus.
* Kulit tak lagi kenyal dan kencang.
* Aroma tubuh tak sedap.
* Berlemak.
* Kulit gatal.
* Stretch mark.
* Keringat berlebihan.
* Ketiak mudah basah.
* Selulit.
* Kelebihan berat badan.
* Mudah teriritasi.
* Bekas luka.
* Kulit terlalu sensitif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com