Digemari, Perhiasan dari Hong Kong Bergaya Eropa

Kompas.com - 19/03/2012, 16:43 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Selama tiga hari, 200 perusahaan asal Hong Kong dan Provinsi Guangdong, berpameran di Jakarta Convention Center dalam kegiatan Lifestyle Expo. Tepatnya, pada 15-17 Maret 2012, berbagai produk gaya hidup dipamerkan untuk menggaet buyer asal Indonesia yang tertarik menjalin kemitraan. Respons positif dari pengunjung pameran menunjukkan tumbuhnya minat akan produk gaya hidup berbasis di Hong Kong, sekaligus juga berpotensi untuk dipasarkan di Indonesia.

Salah satu peserta pameran, Carmen Un, manager Cattivo Jewelry Co. Ltd mengatakan respons positif dari pengunjung pameran menunjukkan produk perhiasan yang dibawanya ke Jakarta, bisa diterima pasar Indonesia. "Pasar Indonesia potensial. Kami punya model baru setiap bulan yang bisa mendukung penjualan reseller di Indonesia nantinya," jelas Carmen kepada Kompas Female.

Gerai perhiasan dengan gaya ala Italia dan Perancis ini sukses menarik perhatian pengunjung sejak hari pertama pameran. Selain karena produk perhiasannya cocok dengan selera masyarakat Indonesia, Cattivo juga salah satu dari sedikit peserta pameran yang menjual produk secara satuan. Kebanyakan peserta pameran hanya memajang produk, untuk kemudian menggaet mitra bisnis, dan melakukan pemesanan dalam jumlah besar. Cattivo juga diminati lantaran harganya yang terjangkau, mulai Rp 62.000 untuk harga display satuan. Harga semakin kompetitif jika pembelian dilakukan dalam jumlah besar.

Carmen memperkirakan lebih dari 50 pengunjung gerainya di pameran, yang menaruh perhatian dan menanyakan berbagai informasi produk kepadanya. "Sekitar 3-5 persen dari mereka tertarik untuk memesan produk," ungkapnya.

Menurut Carmen, pasar Indonesia menyukai perhiasan yang kaya detil dan berbeda dari yang kini tersedia di pasaran. "Mereka menyukai perhiasan yang baru dan tidak tradisional," ungkapnya.

Produk gaya hidup Hong Kong dan Guangdong yang dipamerkan di Jakarta ini terbagi menjadi lima kategori yakni Consumer Electronics, Gifts and Premiums, Produk Rumah Tangga dan barang elektronik, Produk Fashion dan Aksesoris, serta Arloji dan Jam hias.

Pameran ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) di Indonesia, bekerjasama dengan Guangdong Province Department of Foreign Trade and Economic Cooperation (GD-DOFTEC) dan China Council for the Promotion of International Trade Guangdong Sub-Council (CCPIT), serta berkolaborasi dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) . Sebelumnya, Lifestyle Expo dihelat di China, India dan Polandia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X