Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengasah Kreativitas Si Kecil Lewat Buku

Kompas.com - 21/03/2012, 13:32 WIB

KOMPAS.com - Orangtua punya banyak pilihan cara untuk menggali kreativitas anak. Kuncinya, orangtua perlu jeli dan tak henti menambah wawasan untuk memfasilitasi anak membangun karakter dirinya.

Kreatif merupakan karakter penting yang perlu dimiliki anak, dan bisa ditumbuhkan sejak dini melalui berbagai permainan.

Anda tentu punya banyak ide kreatif untuk membantu anak menjadi lebih kreatif. Kalau mulai kehabisan ide, merek buku tulis Sinar Dunia bekerja sama dengan "kotanya" anak-anak, KidZania memberikan inspirasi baru.

Satu lagi establishment berdiri di KidZania pada 2012. Kali ini giliran Sinar Dunia yang memberikan inspirasi permainan edukatif untuk anak. Misinya, mengembangkan kreativitas anak usia 4-16.

Establishment Sinar Dunia Book Factory di KidZania, mengenalkan anak usia sekolah dengan pekerjaan kreatif dan gambaran sederhana profesi book ilustrator.

Di area bermain seluas 21,46 meterpersegi, enam anak berkreasi dengan kertas, gambar, komputer, dan buku tulis selama 25 menit.

"Pertama-tama mereka mendesain cover buku, memilih gambar dan berkreasi menggunakan layar monitor sentuh. Lalu mereka mencetak desainnya, kemudian mengambil sembilan kertas untuk isi buku, dan menyatukan dengan cover buku. Setelah selesai buku bisa dibawa pulang, dan masing-masing anak mendapat gaji 10 KidZos atas hasil kerjanya merancang buku," jelas Maya Sundari, koordinator area 9 KidZania kepada Kompas Female di sela peluncuran establishment Sinar Dunia Book Factory KidZania, Pasific Place Mall, Jakarta, Rabu (21/3/2012).

Sambil menunggu giliran mencetak cover dan membuat buku, anak-anak diajak berkreasi dengan kertas origami. "Tujuannya lebih untuk mengasah kreativitas," tambah Maya.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com