Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flowing, Buku Inspirasi Busana Pesta Muslim

Kompas.com - 22/03/2012, 14:35 WIB

KOMPAS.com - Gaya busana muslim semakin beragam dengan pilihan model dan garis rancang lebih unik dan bervariasi. Keragaman inspirasi busana muslim inilah yang disampaikan dalam buku fashion muslim terbaru Flowing by Tuty Adib, ditulis oleh Amelia Prihanto.

Melalui bukunya, desainer dan pemilik label Bilqis High End Moslem Wear, Tuty Adib, mengeksplorasi bahan sifon dalam ragam koleksi busana pesta muslim.

Buku setebal 94 halaman ini tak hanya menampilkan rancangan busana pesta ringan yang mewah. Melalui tutur bahasa dan kemasan yang praktis, Tuty dan Amelia memberikan gambaran utuh mengenai konsep busana pesta muslim untuk perempuan feminin.

"Buku ini merupakan tantangan bagi saya untuk mengeksplorasi sifon menjadi karya busana muslim yang lebih beragam, untuk usia muda hingga matang. Busana resmi, elegan, mewah tapi tidak harus selalu mahal. Sebagai alternatif busana muslim dari sifon," jelas Tuty dalam acara bincang-bincang saat peluncuran buku Flowing by Tuty Adib di Hotel Ambhara, Jakarta, Kamis (22/3/2012).

Tuty memaparkan garis rancang busana pesta muslim berbahan sifon dengan cara praktis dalam bukunya. Tak hanya itu, ia juga menunjukkan ragam pilihan gaya busana pesta muslim, seperti elegan, glamor, feminin, lengkap dengan gambar dan penjelasan pada setiap detilnya. Termasuk penjelasan mengenai gaya kerudung yang sesuai untuk penampilan resmi dan feminin.

Pemaparan yang sederhana dan praktis, membuat pembaca dapat dengan mudah menangkap variasi gaya busana pesta muslim rancangan Tuty Adib. Dengan begitu, pemakai busana muslim dapat mengaplikasikannya sesuai kebutuhan.

Saat bincang-bincang buku, Tuty juga menjelaskan beberapa rancangan busana pesta muslimnya merupakan hasil permintaan pelanggan.  "Awalnya pelanggan minta dibuatkan busana pesta yang unik tapi simpel. Saya buatkan, lalu gaya busana itu justru menjadi best seller," ungkapnya.

Busana pesta muslim yang unik dan simpel diwujudkan Tuty melalui busana model gamis dengan draperi di bagian bawah, dan detil aksesori pada bagian atas, memberikan kesan mewah namun tak berlebihan.

Tuty juga memberikan inspirasi busana pesta muslim yang dapat dipadupadankan, dan dipakai dengan 2-5 gaya berbeda. Sentuhan aksesori berupa kalung yang dapat bertransformasi menjadi ikat pinggang, juga memberikan alternatif segar dalam berbusana muslim.

Ringan melayang
Pemilihan bahan sifon pada busana pesta muslim ini juga bukan tanpa alasan. Bahan sifon yang tipis dapat dikreasikan dengan variasi cutting, tanpa meninggalkan pakem berbusana muslim seperti tak membentuk lekuk tubuh, longgar dan tidak transparan.

Bagi Tuty, penggunaan bahan sifon memungkinkannya untuk mencipta busana pesta muslin yang gaya, tidak panas, tidak mudah kusut, nyaman, bertumpuk namun tidak berkesan berat.

Dalam acara yang sama, Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Taruna Kusmayadi mengatakan bahan sifon yang tipis mudah divariasikan dengan berbagai gaya cutting, meski memang pengerjaannya lebih sulit. Menurutnya, busana berbahan sifon lebih cocok dikenakan perempuan bergaya feminin.  

Seperti apa busana pesta muslim berkesan ringan melayang ini? Anda bisa menelusurinya dalam buku Flowing by Tuty Adib, diterbitkan Dian Rakyat yang dijual dengan harga Rp 75.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com